Masalah Diri

10 Mitos Orang-Orang Introvert

Oleh Nurwahidah Yuliana

“Menyendiri adalah keinginanku  sendiri, bukan atas dasar paksaan orang lain atau diskriminasi“

 

Seorang introvert betah loh seharian di kamar, bahkan keluar kamar cuma buat minum, makan, dan ke toilet aja. Dia bisa aja berhari-hari gak berhubungan sama temen mereka, kadang mereka kesepian, tapi pas udah ketemu sama temen-temen nya, ya dia bakal kangen lagi sama kesendiriannya. Karena memang, orang introvert jatuh cinta dengan kesendiriannya.

 

Banyak mitos yang berkaitan dengan seorang introvert. Mereka disebut sebagai orang yang suka menyendiri, pemalu, dan ngga suka berinteraksi dengan orang lain . Tapi apa semua itu benar? Di bawah ini ada 10 mitos orang-orang introvert yang banyak disebut-sebut orang. Apa aja ya?

 

  1. Semua Orang Introvert itu Pemalu

 

Sebenarnya pemalu sama sekali ngga ada hubungannya sama introvert. Hanya saja seorang introvert butuh alasan untuk apa mereka berinteraksi dengan orang-orang. Introvert ngga berarti mereka yang takut terhadap orang lain. Mereka percaya diri dengan dirinya sendiri dan tidak takut berinteraksi dengan orang lain. Rasa malu hanyalah sebuah karakter yang dapat dimiliki oleh semua orang.

 

  1. Introvert Tidak Suka Bicara

 

Introvert lebih suka berpikir terlebih dahulu sebelum mereka bicara. Mereka adalah pendengar yang baik, mendengarkan lawan bicaranya baik-baik sebelum berbicara kembali. Jika terlalu banyak orang disekitarnya , sebagai pendengar yang baik biasanya mereka lebih memilih untuk diam. Tetapi kalau kamu ngajak ngobrol tentang percakapan yang mereka sukai, justru mereka bakal susah berhenti buat ngomong. Orang introvert itu asik juga kok jadi temen ngobrol!

 

  1. Ngga Suka Berada di Sekitar Orang Lain

 

Pada umumnya introvert menyukai waktu pribadi atau kesendirian mereka, tapi introvert juga sangat menghargai teman-temannya lho. Walaupun keberadaan teman-temannya ngga banyak, tetapi mereka selalu menjaga kualitas pertemanan mereka. Jika kamu punya teman introvert, maka kamu punya teman yang bakal setia banget sama kamu.

 

  1. Introvert Kurang Gaul

 

Memang benar, introvert cenderung kesulitan untuk memulai pertemanan dengan orang lain. Tapi ini semua karena mereka cenderung selektif dalam mencari teman yang setia dan bisa selalu hadir dalam jangka panjang.

 

  1. Introvert Lebih Kreatif

 

Sebetulnya, setiap orang itu kreatif. Hanya saja, tergantung bagaimana dia mengelola kreatifitasnya. Sama halnya dengan orang introvert, di mana dalam kesendirian mereka biasanya bakal banyak ide-ide kreatif muncul di kepala mereka. Tapi, bukan berarti semua orang kreatif itu introvert lho ya.

 

  1. Introvert Ngga Bisa Jadi Pemimpin

 

Kita semua dilahirkan dengan bakat kepemimpinan, namun itu tergantung kepada diri kita bagaimana kita mengembangkan diri kita menjadi pemimpin yang memang dibutuhkan. Bedanya, kalau bicara di depan umum, introvert biasanya selalu memikirkan dengan matang apa yang akan dia sampaikan.

 

  1. Kepribadian yang Kasar juga Negatif

 

Karena introvert sangat suka dan menghargai waktu pribadi mereka, introvert sering dilihat sebagai seseorang yang memiliki kepribadian buruk. Dikira jutek, suka marah-marah, kasar, padahal ngga juga lho. Coba aja ajak dia ngobrol. Orang introvert justru cenderung punya kepribadian yang menyenangkan.

 

  1. Introvert bisa Menjadi Ekstrovert

 

Introvert itu bukan penyakit, dan dia tidak bisa disembuhkan atau diperbaiki. Kepribadian ini sudah hadir dari sifat alami manusia. Mereka tetap istimewa kok dengan segala sifat aslinya. Yang penting itu harus nyaman sama diri sendiri, tanpa harus berusaha merubah diri hanya untuk orang lain.

 

  1. Sangat Mudah Membedakan Introvert dengan Ekstrovert

 

Banyak orang mengira, dia yang suka menyendiri sudah dipastikan seorang introvert, dan dia yang suka bersosialisasi dengan banyak orang sudah dipastikan dia seorang ekstrovert. Padahal, untuk membedakan karakter seseorang tidaklah semudah itu. Ada juga kok introvert yang bisa dengan mudah berinteraksi dengan orang banyak. Kamu juga perlu tau nih, seorang ekstrovert juga bisa memiliki karakter pemalu, bisa jarang ngomong, tapi ia menyukai keberadaannya di tengah-tengah keramaian.

 

  1. Introvert Ngga Bisa Sukses

 

Perlu kamu tau juga nih, bahwa introvert dan ekstrovert ngga ada kaitannya sama sekali dengan kesuksesan. Setiap orang memiliki kesempatan untuk sukses, hanya saja semua tergantung pilihan, kesempatan, dan bagaimana ia mengembangkan potensi dalam dirinya. Sebut aja Albert Einstein, Bill Gates, sampai J.K. Rowling yang ternyata introvert. Mereka bisa sukses juga tuh!

 

Nah, itulah 10 mitos orang-orang introvert yang perlu kamu tau. Intinya, mau kamu introvert, ekstrovert, atau ambivert, semua ngga masalah kok. Setiap orang dengan kepribadian apa pun punya peluang bahagia yang sama.

 

Buat kamu yang pengen cerita soal kisah kamu menjadi introvert, atau kepribadian lainnya, kamu bisa juga lho cerita sama Ibunda. Curhat aja di www.ibunda.id. Bunda siap jadi teman curhat terbaik buat kamu kapan aja di mana aja.


Tanggapan mereka