Masalah Diri

3 Keuntungan Keluar dari Zona Nyaman

Oleh Fx Dimas

Mengobarkan sesuatu itu memang enggak mudah, apalagi kalau harus keluar dari zona nyaman. Setiap orang pasti memilih kondisi yang nyaman untuk dirinya tanpa perlu menghadapi tantangan dan kenyataan di luar sana. Kalau udah “enak”, buat apa pergi mencari hal baru yang belum pasti? Pasti sebagian orang sempat memikirkan hal itu. Kurang berani mengambil resiko menjadi salah satu faktor yang menyebabkan seseorang enggan dan ragu-ragu untuk keluar dari zona nyamannya. Padahal kamu belum tau nih, apa yang akan terjadi di luar sana ketika kamu memilih untuk keluar dari zona nyaman. Untuk kamu yang masih ragu untuk keluar dari zona nyaman atau enggak. Psikolog Felicia Ilona Nainggolan dari Personal Growth akan menjabarkan beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan ketika keluar dari zona nyaman.

1. Memberi kesempatan diri untuk lebih berkembang

Kamu harus ingat nih, kalau segala sesuatu yang ada di dunia ini dan semua yang terjadi dalam kehidupanmu itu berjalan sangat dinamis. Kamu enggak bisa diam di satu titik saja lho. Jika hal itu terus dibiarkan, kamu akan terjebak di satu fase tertentu dalam hidupmu. Bukan hanya itu, kamu seolah membiarkan dirimu tidak berkembang.

2. Menambah wawasan dan keterampilan baru

Ketika membebaskan diri untuk keluar dari zona nyaman, itu berarti membuat diri kamu bisa mengeksplor banyak hal di luar sana. Kamu akan banyak bertemu orang-orang baru dengan beragam latar belakang, berbagi dan bertukar pikiran, mengenal dan belajar hal-hal baru yang tadinya belum pernah kamu ketahui. Keluar dari zona nyaman tentunya membuatmu menjadi pribadi yang semakin “kaya”. Maka dari itu nih, kamu masih yakin ngumpet dibalik zona nyamanmu?

3. Menjadi pribadi baru

Keluar dari zona nyaman membuat kamu menjadi pribadi yang jauh lebih baru dari pada sebelumnya. Ini dikarenakan banyak hal yang bisa terjadi dan memberikan dampak perubahan pada dirimu. Salah satunya dapat meningkatkan rasa percaya diri terhadap kemampuan sendiri. Meskipun adakalanya hasil yang diperoleh tidak sesuai harapan kamu. Tapi sebenarnya itu enggak apa-apa lho karena wajar terjadi.  Di sinilah kamu belajar dan meningkatkan kemampuan resiliensi (bounce back atau daya tahan terhadap stres). Karena dalam hidup ini, persoalan yang kamu alami tidak akan berkurang, namun ketahanan kamu justru yang akan semakin diperkuat.

Nah, itu dia 3 keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika bisa keluar dari zona nyaman. Sebenarnya bukan hanya itu lho keuntungannya, tapi akan ada banyak hal yang nantinya kamu rasakan. Maka dari itu nih, yuk keluar dari zona nyamanmu jangan hanya berjalan di tempat saja ya. Dan yang pasti, you'd be surprised what you are capable of! Jadi, sekarang waktunya kamu keluar dan menuju zona barumu.


Tanggapan mereka