Masalah Diri

3 Mitos Tentang HIV

Oleh Fx Dimas

Mendengar kata HIV sebagian orang menganggap penyakit ini seperti bencana. Bisa dibilang HIV identik dengan kematian. Padahal jika dipahami lebih dalam, penyakit ini bisa dengan mudanya dihindari. Selain pemikiran soal HIV yang kerap berujung dengan kematian,  masih ada pemahaman keliru mengenai penyakit yang satu ini. Banyak orang yang masih salah paham tentang penularan HIV, barangkali kamu merasakan hal yang sama nih.

Untuk itu psikolog Inez Kristanti dari AngsaMerah di Hari AIDS Sedunia ini akan menjelaskan 3 mitos yang salah mengenai HIV. Yuk, cari juga fakta sesungguhnya dari HIV ya!

 

Mitos 1: Tinggal serumah atau beraktivitas bersama bisa tertular HIV

Fakta: HIV itu hanya bisa menular dari lima cairan tubuh. 5 cairan itu yaitu cairan darah, cairan air mani, cairan vagina, cairan rectal, dan air susu ibu. Untuk, kamu yang sedang tinggal serumah para ODHA enggak perlu panik dan takut untuk beraktivitas bersama mereka ya. Kamu tidak akan tertular HIV lewat bersalaman, berbagi peralatan makan, berada di satu ruangan yang sama, memeluk atau berciuman dengan orang yang sudah terinfeksi HIV.

 

Mitos 2: Tertular HIV karena seks bebas dan narkoba

Fakta: Kamu berisiko terkena HIV kalau berhubungan seks tanpa pengaman lho, terlepas dari kamu melakukan hubungan seksual itu di dalam atau di luar pernikahan. Oh iya, kamu juga bisa tertular HIV jika berbagi jarum suntik dengan orang yang terinfeksi HIV.

 

Mitos 3: HIV sama dengan hukuman mati

Fakta: Saat ini sudah tidak perlu lagi khawatir lho karena kini sudah ada pengobatannya, meski di awal kemunculan HIV/AIDS memang angka kematian begitu tinggi. Walaupun sudah ada obat virusnya tidak bisa benar-benar hilang dari tubuh, tetapi jika kamu disiplin untuk mengikuti pengobatan dan anjuran dari dokter. Kamu bisa memiliki kehidupan yang lebih panjang, bahagia, dan tentunya bisa kembali produktif seperti sediakala. Itu semua bisa kamu dapat, asalkan kamu rutin meminum obatnya ya.


Tanggapan mereka