Masalah Diri

3 Tips Atasi Kecanduan Film Porno

Oleh Achmad Yayang, Salsabila A.

Kecanduan menonton film porno, mungkin masih jadi obrolan yang tabu buat diperbincangkan. Tapi, banyak orang di usia dewasa yang mengalaminya lho. Apalagi setelah ada internet, situs-situs video porno jadi gampang banget diakses.

Nah, baru-baru ini Gubernur Jawa Tengah yakni Ganjar Pranowo sempat jadi trending topic gara-gara mengaku suka menonton video porno. Tanpa merasa malu, ia terangkan lewat podcast Deddy Corbuzier.

Dalam video tersebut Ganjar mengatakan “Pak Ganjar kok nonton film porno?, eh kalau saya nonton film porno itu salah nya dimana? Saya dewasa, salah nya dimana kalau saya nonton film porno? Wong saya suka kok.”

Emang sih kalau dewasa yaa gak ada salahnya nonton film porno, tapi kalau keseringan dampaknya bahaya juga. Psikolog Ibunda Marsyela Novianti menjelaskan, menonton video porno itu bisa jadi kebutuhan dalam konteks tertentu, tapi bisa juga jadi adiksi. Kalau nonton film porno sampai menganggu aktivitas sehari-hari, bikin susah berkonsentrasi, sampai dilakukan berkali-kali dalam sehari, bisa jadi itu udah tergolong adiksi atau kecanduan.

 

Baca Juga: Kecanduan Gadget? Ini Dampaknya

 

Mengutip dari Kompas nih, psikolog Hening Widyastuti juga mengatakan kalau udah kecanduan itu dampak negatifnya banyak banget. Jadi menurunkan kreativitas, memicu stres, menurunkan keinginan untuk aktivitas di luar ruangan, bisa meningkatkan resiko pelecehan seksual pada anak usia dini, dan berdampak juga pada sistem saraf otaknya dalam berpikir.

Lalu, gimana dong mengatasinya? Ibunda punya beberapa tips buat kamu yang merasa mengalami kecanduan film porno.

Alihkan Fokus dengan Melakukan Aktivitas Fisik

Psikolog Ibunda Marsyela Novianti menyebutkan, ketika keinginan menonton film porno muncul, maka ada dorongan seksual juga yang muncul. Nah, kamu bisa coba lakukan metode pengalihan atau mengalihkan dorongan tersebut dengan melakukan aktivitas fisik. Misalnya, olahraga, bersih-bersih, atau aktivitas lain yang bisa mengalihkan fokus kamu. Kamu juga bisa mulai mengganti tontonan kamu dengan konten-konten positif, misalnya nonton stand up comedy, film horror, atau yang lainnya supaya energi kamu juga tersalurkan ke hal-hal yang positif. 

Cobalah untuk ‘Memaksa’ Diri 

Perubahan yang positif itu memang susah. Banget. Apalagi kalau udah tergolong adiksi atau kecanduan yang pada umumnya membutuhkan bantuan tenaga profesional. Tapi yang terpenting adalah adanya kemauan dari diri sendiri dulu. Ajak dan paksa diri kamu untuk mau berubah. Karena kalau niatnya aja masih setengah-setengah, bantuan profesional pun akan kesulitan buat membantu.

Take Your Time, Gak Ada yang Instan 

Terakhir, merubah kebiasaan buruk itu juga gak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi semua membutuhkan proses yang gak sebentar. Gak apa-apa, nikmatin aja setiap prosesnya. Setidaknya ada progres yang kamu buat dari hari ke hari. Kalau kata psikolog Zoya Amirin, cobalah untuk menghilangkan kebiasaan menonton film porno selama 21 hari. Kalau kamu berhasil melakukannya selama 21 hari, ini bisa permanen menghilangkan kebiasaan kamu.

 

Baca Juga: Ajakan Seks Pacar, Cinta atau Nafsu?


Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika kamu merasa kecanduan sama film porno. Jika kamu merasa kamu kesulitan untuk menghentikan kebiasaan ini, gak ada salahnya kok kamu mencari bantuan profesional. Kamu juga bisa mulai dengan mudah melalui layanan Ibunda. Semoga bermanfaat! 


Tanggapan mereka

Sri Lintang Laili

sekitar 1 bulan yang lalu

Bagus, bahas isu terkini