Masalah Diri

3 Tips Meningkatkan Resiliensi Kamu

Oleh Qhori Anandra

Pernahkah kamu mendengar istilah Resilience? Istilah ini mungkin masih terdengar asing di telinga kita ya. Di dalam ilmu psikologi istilah ini memang masih baru, namun sudah banyak kok pembahasan yang menjelaskan istilah ini. Nah, definisi sederhananya, resilience atau resiliensi dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai ketahanan. Para ahli menyebutkan kondisi ini sebagai keadaan seseorang yang tetap tangguh di bawah kondisi yang sulit dan darurat yang biasanya berlangsung dalam periode yang lama.

 

Masih bingung? Intinya, resiliensi adalah suatu kemampuan yang di miliki oleh seseorang dalam menghadapi, beradapasi terhadap permasalahan yang dirasakan  sehingga dapat mengatasinya dan tidak menjadi terpuruk akan hal tersebut. 

 

Setelah mengetahui inti dari istilah resilience, sekarang bagaimana nih caranya untuk biar kita punya resiliensi yang baik? Terlebih khusus untuk kamu yang sedang diterpa berbagai macam persoalan hidup, supaya segera bangkit dan nggak terpuruk dalam masalah. Yuk simak tips di bawah ini. 

 

Belajar Mengontrol Emosi 

 

Saat kita dirundung masalah, nggak menutup kemungkinan bawaanya pasti nggak karuan dan rasanya susah buat mengontrol baik perasaan, pikiran, dan bahkan emosi diri kita. Hal yang bisa kamu lakukan pertama adalah atur nafas. Tarik nafas dalam-dalam lalu buang, lakukan itu beberapa kali yang kemudian membuat pikiran dan perasaan menjadi normal lagi.

     

Optimis

 

Banyak dari kita pasti pernah menghadapi permasalahan dan merasa kurang percaya diri atau pesimis menghadapi problem yang sedang dihadapi. Menganggap diri nggak mampu, padahal belum mencoba untuk berusaha. Tanamkan dalam diri kamu pikiran yang positif, karena semua yang dilakukan dengan pikiran terbuka dan jernih akan mendapatkan hasil yang bagus dan memuaskan. Jadi mulailah dengan rasa percaya diri dan memiliki pemikiran optimis yang realistis untuk menghadapi permasalahanmu.

 

Coba Analisis Masalahmu

 

Suatu masalah pasti ada penyebab kenapa dia hadir di kehidupan kita. Sekarang bagaimana kita menemukan sumber permasalahan tersebut, kamu bisa coba dengan menganalisis apa sih penyebab permasalahanmu bisa terjadi. Setelah itu kamu akan bisa menemukan kunci yang mungkin bisa membantu menyelesaikan masalah kamu. Jika kamu merasa terlalu berat untuk kamu pendam sendiri, kamu boleh banget kok untuk cari teman curhat, atau bahkan pergi ke profesional. Pergi mencari bantuan bukan menandakan kamu punya resiliensi yang buruk lho, tapi menandakan kamu berani dan peduli dengan kesehatan mentalmu. 

 

Selain 3 tips di atas, masih banyak tips lain yang bisa dilakukan untuk bisa punya resiliensi yang baik. Intinya, memang bukan hal mudah untuk bisa resilien dalam menghadapi masalah, karena butuh keberanian dan kegigihan bahkan ketika berada di tengah kesulitan-kesulitan hidup. Meskipun nggak mudah, tapi bukan berarti nggak bisa dilakukan dong? Yakin deh, kamu juga pasti bisa!

 

Jika kamu butuh teman curhat online gratis bersama psikolog, Ibunda juga siap kok jadi pendengar kamu di mana aja kapan aja. Kamu bisa curhat bareng konselor Ibunda secara gratis di LINE @Ibunda. Kamu juga bisa mencoba fitur berbayar Ibunda, dengan telfon atau ketemu langsung sama psikolog. Mau tau info lebih lanjut? Hubungi Ibunda.id di link ini ya.


Tanggapan mereka