Masalah Diri

4 Rekomendasi Drakor tentang Gangguan Mental

Oleh Yuan Stephanie

#DiRumahAja membuat kita punya waktu lebih banyak untuk mengisi waktu luang, salah satunya menonton drama korea atau drakor. Tema yang disajikan drakor pun cukup beragam,  mulai dari percintaan, cita-cita, keluarga, sampai pertemanan. Namun, ternyata ada, lho, beberapa drakor tentang isu kesehatan mental yang wajib ditonton untuk menambah literasi dan informasi seputar kesehatan mental!

Lalu, apa aja, sih rekomendasi drakor tentang isu kesehatan mental? Berikut Ibunda.id berikan rekomendasinya untuk kamu!

1. It’s Okay To Not Be Okay

Tema: Antisocial Personality Disorder, Childhood Trauma, Autism.

Drakor yang dibintangi oleh Kim Soo-hyun, Seo Ye-ji, Oh Jung-se, dan Park Gyu-Young ini membahas mengenai trauma masa kecil dimana tokoh dalam drama tidak pernah merasakan kebahagiaan sejak kecil dari orangtuanya. Hal ini berdampak pada Moon Young yang mengalami gangguan kepribadian antisosial. 

 

2. It’s Okay, That’s Love

Tema: OCD, Skizofrenia, Genophobia, Sindrom Tourette.

Dengan menggandeng setidaknya 16 penghargaan, drakor ini menceritakan tentang bagaimana setiap tokoh di dalamnya memiliki gangguan mental dan proses self-healing yang menarik. Drakor ini menggambarkan bagaimana gangguan mental yang mereka alami dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari.

 

3. Good Doctor

Tema: Autism, Sindrom Savant

Drakor yang  mengudara pada tahun 2013 ini menceritakan bagaimana Dr.Park, sosok dokter muda yang jenius harus berhadapan dengan kondisi autisme dan emosi yang kurang stabil. Walaupun mendapat berbagai omongan tentang dirinya, Dr. Park membuktikan bahwa dirinya adalah dokter yang memang berbakat.

 

4. Kill Me Heal Me

Tema: Dissociative Identity Disorder

Rasanya belum afdol jika tidak menambahkan Kill Me Heal Me dalam rekomendasi drakor ini. Pasalnya, drakor ini mengemas sempurna tentang bagaimana tokoh Cha Do-Hyun mempunyai tujuh kepribadian baru dalam dirinya sebagai bentuk mekanisme pertahanan diri. Kemudian dihadirkan pula tokoh psikater bernama Oh Ri Jin yang membantu Do-Hyun berdamai dengan tujuh kepribadiannya yang lain. 

 

Nah, itu dia rekomendasi drakor tentang gangguan mental sebagai referensi kamu menonton di akhir pekan! Bukan hanya menghibur, namun melalui drakor di atas kamu dapat lebih mengerti tentang dunia psikologi dan isu kesehatan mental. Kalau kamu mau tahu lebih lanjut tentang isu kesehatan mental, kamu bisa langsung kepoin materi dari InsightMe untuk mempelajari materi dari sumber terbaik dan menjadi versi terbaik dirimu!


Tanggapan mereka