Masalah Diri

4 Tanda-tanda Kamu Punya Trust Issue

Oleh Salsabila Ainurrohman

“Trust is the easiest thing in the world to lose, and the hardest thing in the world to get back” R M Williams.

 

Trust issue, istilah satu ini sering banget disebut-sebut di status-status galau netizen media sosial. Memang apasih artinya trust issue? Trust issue atau bahasa lainnya adalah masalah kepercayaan adalah ketika seseorang kesulitan untuk mempercayai orang lain, bisa ke keluarga, pasangan, pertemanan, atau bahkan orang asing. 

 

Biasanya, masalah kepercayaan ini muncul karena pengalaman masa lalu yang begitu membekas sampai meninggalkan trauma. Misalnya dampak dari masalah keluarga, pernah dikhianatin sama pacar, atau bahkan sama temen sendiri. 

 

BACA JUGA: Alasan Sebaiknya Nggak Berteman sama Mantan

 

Kamu merasa punya pengalaman yang sama? Psikolog Ibunda, Nuran Abdat, M. Psi, menyebutkan ada beberapa tanda yang menunjukkan kalau seseorang mengalami trust issue

 

Selalu Merasa Curiga

 

Seseorang yang memiliki trust issue biasanya punya ketakutan tersendiri dengan pengkhianatan. Dia selalu memikirkan resiko terburuk yang mungkin bisa terjadi ketika memulai hubungan sama orang lain. Kondisi di mana diri berpikir akan hal terburuk yang hadir ini kemudian menumbuhkan “alarm” rasa curiga dengan orang lain.

 

Sering Berfikir Negatif 

 

Proses berfikir seseorang akan sangat berpengaruh pada bagaimana dia menilai orang lain dan lingkungan di sekitarnya. Seorang yang punya trust issue seringkali terjebak dalam pikiran-pikiran negatif yang membuat dia menilai orang lain hanya dari sisi negatifnya saja. 

 

Sulit untuk Berkomitmen 

 

Terlalu banyak memikirkan resiko terburuk membuat seseorang yang punya trust issue memilih untuk nggak terikat secara emosional dengan orang lain. Ini karena dia menghindari adanya kemungkinan untuk “disakiti”. 

 

Lebih Memilih Sendiri 

 

Sering curiga, nggak yakin dengan orang-orang di sekitar, akhirnya membuat orang yang punya trust issue memilih untuk sendiri dan sangat membatasi relasi mereka dengan orang lain. 

 

Nah, itulah beberapa ciri yang bisa jadi menandakan kalau seseorang mengalami trust issue. Sebenarnya itu wajar nggak sih? Waspada terhadap orang lain itu memang penting, tapi kalau terlalu curigaan bahkan cenderung ke hal-hal negatif, tentu nggak baik banget dong buat diri kita sendiri. Bawaannya malah jadi nggak tenang, khawatir, bahkan takut untuk sekedar memulai berinteraksi dengan orang lain.

 

BACA JUGA: Penting Nggak Sih Pergi ke Psikolog

 

Jika kamu merasa trust issue yang kamu alami sangat mengganggu perasaan sampai produktivitas kamu sehari-hari, nggak ada salahnya untuk konsultasi ke psikolog. Kamu yang lagi butuh tempat atau teman curhat juga bisa lho curhat online gratis ke Ibunda.id! Yuk curhat di LINE @Ibunda. Kamu juga bisa curhat langsung ke psikolog Ibunda lewat call, atau bahkan ketemu langsung juga bisa! Informasi lebih lanjut, kamu bisa hubungi Ibunda di link ini ya. Semoga bermanfaat.

 


Tanggapan mereka