Masalah Diri

4 Tips Mengatasi Rasa Kangen Rumah

Oleh Yonathan

Pernah gak sih kamu berada di lingkungan baru? Bisa jadi kamu pindah rumah, pindah ke tempat kerja baru atau mungkin lagi ada urusan studi ke luar negeri. Pengalaman semacam ini pastinya akan menawarkan kamu sebuah pengalaman baru. Masalahnya, beradaptasi dengan lingkungan yang tidak familiar dengan kamu pasti membutuhkan waktu.

 

Kesulitan beradaptasi inilah yang bisanya membuat kamu jadi merasa homesick. Kangen dengan suasana yang dulu, teman-teman kamu, atau mungkin pemandangannya. Hal-hal ini yang bisa bikin kamu jadi kurang fokus untuk melakukan sesuatu hal dan jadi gak maksimal deh. Lalu, harus apa ya untuk mengatasi homesick? Kali ini, psikolog Alexandra Gabriella akan memberikan beberapa tips agar kamu bisa lebih mudah beradaptasi dan mengatasi homesick.

 

Kenali dan pahami lingkungan baru

Beradaptasi di lingkungan baru terkadang susah-susah gampang lho. Untuk itu nih, kamu bisa lho jalan-jalan di sekitar tempat baru agar lebih familiar dengan lingkungan sekitar. Pastinya siapapun gak akan merasa nyaman di tempat yang asing, karena itu hal ini bisa membantu banget agar kamu bisa lebih nyaman di tempat baru ini. Who knows what you could find. Siapa tahu bisa ketemu tempat nongkrong baru, restoran enak, atau bahkan spot favorit kamu. Dengan begitu kamu akan lebih mengenal, memahami dan lama-lama kamu akan terbiasa dengan lingkunganmu yang baru

 

Cari banyak teman baru

Tempat yang baru pastinya juga dibarengi dengan adanya orang-orang baru di sekitar kamu. Karena itu agar kamu tidak merasa kesepian dan sendiri, carilah teman-teman baru yang mungkin tidak kalah asyik dari teman kamu yang lama. Kamu juga bisa lho ikut komunitas atau sekadar mengajak berkenalan sehingga kamu bisa semakin cepat diterima dengan lingkungan baru. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang jadi enggak ada salahnya dong mengenal orang-orang di lingkungan barumu.

 

Stop membandingkan

Mungkin kamu sempat berpikir nih kalau lingkungan lamamu terasa lebih nyaman, tapi kalau terus membandingkan sesuatu itu enggak ada habisnya lho. Justru itu akan membuat kamu semakin down. Daripada terus-menerus membandingkan, enggak ada salahnya kok untuk kamu bisa mencari sisi positif yang ditawarkan di lingkungan barumu ini. Eksplorasi dulu segala sesuatu yang ada di lingkunganmu yang sekarang.  Jika kamu keburu skeptis dengan sesuatu yang baru, ujung-ujungnya kamu jadi kurang menikmati apa yang terjadi sekarang deh. Jadi, yuk belajar untuk stop membandingkan.

 

Tetap update dengan lingkungan lama

Seiring berjalannya waktu, pasti kamu akan semakin akrab dengan lingkungan baru. Tapi, jangan lupakan teman-teman kamu di lingkungan lama ya. Ada baiknya lho, untuk kamu tetap stay in touch dengan orang-orang di lingkungan lama agar kamu ataupun mereka tidak merasa kehilangan teman.

 

Bunda mengerti kok kalau berada di luar zona nyaman kita pastinya tidak akan terasa enak, tapi Bunda juga percaya kalau everything happens for a reason. Dibalik setiap pilihan pasti akan ada pelajaran hidup yang bisa diambil, karena itu ada baiknya kalau kamu tetap bersikap positif. Kalau kamu berada di situasi yang lagi homesick alias kangen sama lingkungan lama, merasa kesulitan untuk beradaptasi atau mungkin sekedar ingin berkeluh-kesah, kamu bisa lho curhat sama Bunda. Kamu bisa langsung curhat di www.ibunda.id atau lewat LINE @Ibunda.


Tanggapan mereka