Masalah Diri

5 Hal Ini Bantu Kurangi Kecemasan

Oleh Desi Wulandari

Merasa cemas saat menghadapi situasi yang ngga nyaman atau bikin tegang itu hal yang normal. Namun, jangan sampai kecemasan itu menganggu kegiatan sehari-hari ya. Nah, di bawah ini ada beberapa benda atau hal yang bisa kamu coba buat bantu kurangi kecemasan saat #dirumahaja. 

Essential Oil Aromaterapi

Sebuah studi menunjukkan bahwa essential oil dengan aromaterapi bisa mengurangi gejala depresi ketika dihirup atau dipakai untuk pijat. Jadi selain punya fungsi estetik sebagai dekorasi rumah, diffuser dengan essential oil juga bisa digunakan untuk terapi lho. Kamu bebas menggunakan varian apa saja, salah satunya wangi lavender yang bisa bantu kamu lebih rileks. 

 

BACA JUGA: Etika Konseling di Tengah Pandemi 



Tanaman dalam Ruangan

Selain bikin udara di dalam ruangan jadi lebih segar, tanaman juga bisa membantu untuk menghilangkan stres. Seorang ahli mengatakan, melakukan kontak dengan alam atau “forest bathing” bisa membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan konsentrasi serta daya ingat. Kalau bingung ingin membeli tanaman jenis apa, kamu bisa memilih tanaman maranta sebagai pilihan.

Beraktivitas dekat Cahaya Terang

Kalau tempat tinggalmu memungkinkan untuk masuk cahaya matahari setiap harinya, maka itu hal yang bagus. Namun, kalau di tempatmu susah buat melihat cahaya matahari, maka alangkah baiknya untuk bikin cahaya buatan seperti lampu belajar. Para ahli menyarankan untuk bekerja di bawah cahaya terang (tapi ngga menyilaukan) supaya pikiran lebih fokus.

Mencoba Akupresur di Rumah

Perbedaan dengan metode akupuntur, kamu yang ngga berani dengan tusukan jarum bisa mencoba akupresur buat mengurangi tingkat kecemasan dan rasa sakit yang dialami. Persamaannya adalah akupresur juga dilakukan dengan memberikan tekanan pada titik-titik tertentu di tubuh dengan tujuan yg berbeda. Kamu bisa membeli sandal, tikar atau matrass khusus untuk akupresur.

Berlatih Yoga atau Meditasi

Banyak penelitian yang membuktikan yoga bisa mengurangi stres, kecemasan, membuat tidur lebih baik, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Yoga adalah jenis olahraga yang paling mudah dan bisa dimasukkan dalam rutinitas harianmu. Hanya butuh waktu beberapa menit dalam sehari buat melakukannya. Meditasi juga bisa jadi pilihan jika kamu ingin relaksasi.

 

BACA JUGA: Mengurangi Kecemasan Melalui Art Therapy 



Itu beberapa hal mudah yang bisa kamu lakukan selama di rumah untuk kurangi kecemasan dan stres. Namun jika kamu mulai merasa terbebani dan kewalahan dalam mengatur emosi, kamu bisa menghubungi psikolog di Ibunda.id untuk bercerita dan minta penanganan profesional ya. Semoga bermanfaat!  


Tanggapan mereka