Kata Bunda

5 Manfaat Psikologis Memelihara Hewan Peliharaan

Oleh Salsabila Ainurrohman

Berbangga hati lah untuk pemirsa sekalian yang punya hewan peliharaan, karena ternyata ngga cuman bermanfaat untuk bisa diajak pura-pura ngobrol pas lagi galau. Tapi juga baik untuk kesehatan mental. Nga percaya? Jangan. Percaya sama Tuhan aja.

 

 

Ketika keseharian ditemani sama krucil-krucil idup (baca: hewan peliharaan), mau itu kucing, anjing, kelinci, badak, ikan koki, ikan sepat, lele, cupang, teri, dst dst, rasanya hidup jadi lebih penuh warna. Bagi sebagian orang, punya hewan peliharaan mungkin dirasa merepotkan. Harus ngasih makan, bersiin ee nya, sampai mandiin (kecuali kalau melihara ikan). Tapi ternyata, secara psikologis memelihara hewan itu ada banyak manfaatnya.

 

1. Mengurangi Resiko Depresi

 

Sebuah riset dari Virginia Commonwealth University menunjukan, memiliki hewan peliharaan bisa membantu menurunkan tingkat stress. Kalau dari datanya Brookhaven Retreat, katanya seseorang yang ngga punya binatang peliharaan malahan punya resiko 4x lipat terdiagnosa depresi klinis.

 

2. Mengurangi Rasa Kesepian

 

Kamu sama si bebep binatang peliharaan kamu emang ngga bisa ngobrol, tapi biasanya nih, orang yang punya hewan peliharaan itu merasakan seperti punya ikatan emosional sama hewan peliharaanya. Jadi kehadirannya bisa bantu nge-charge semangat. Bahkan dalam sebuah survey, seseorang yang terdiagnosa dengan masalah mental, sebanyak 60% di antaranya menempatkan binatang peliharaan mereka di lingkaran terdekatnya. Untuk apa? menemani dikala susah. Jadi membantu mengurangi rasa kesepian.

 

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

 

Siapa sangka, punya hewan peliharaan juga bisa bikin seseorang jadi lebih percaya diri lho. Kau katanya Daily Mail, orang yang punya hewan peliharaan biasanya cenderung lebih berani, punya self esteem yang tinggi, bahkan punya resiko hidup panjang umur yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang ngga punya hewan peliharaan. Mantul kan?

 

4. Jadi Moodbooster

 

Melansir dari Medium.com, katanya melakukan aktivitas bersama hewan peliharaan bisa membantu mengurangi rasa panik dan cemas, karena bisa ngebantu mengeluarkan hormon serotonin, dan oksitosin yang bisa bikin lebih tenang dan happy.

 

5. Membantu Terapi Gangguan Mental

 

Beberapa terapis biasanya melibatkan binatang saat terapi untuk pasien yang punya gangguan mental tertentu. Dan menurut riset, cara ini ternyata efektif lho! Dari datanya Brookhaven Retreat nih, riset yang dilakukan pada sebuah kelompok Alzheimer menunjukan adanya pengurangan rasa cemas pada pasien ketika mereka melihat akuarium berisi ikan-ikan gemes. Ada juga riset lain pada pasien ADHD yang menunjukan adanya peningkatan fokus pada penderita ADHD ketika mereka punya hewan peliharaan.

 

Wah, ternyata banyak juga ya manfaat dari memelihara hewan peliharaan. Hayolo yang belum punya hewan peliharaan, buru-buru ke pasar burung gih, atau pasar ikan, atau pasar kuda, pasar kelinci, atau mana pun tempat kamu bisa beli hewan peliharaan. Biar apa? Biar punya. Hehe.

 

Atau buat kamu yang belum mau beli hewan peliharaan tapi butuh teman curhat, kamu bisa curhat online gratis sama Bunda di www.ibunda.id. Pastinya bunda siap jadi pendengar terbaik kamu dimana pun kapan pun. 


Tanggapan mereka