Masalah Diri

5 Tips Berdamai dengan Masa Lalu

Oleh Yuan Stephanie

 

“There is only one person who could ever make you happy,
and that person is you” - David Burns

 

Di masa lalu, kamu pernah menjadi seseorang yang berbeda. Di masa lalu, kamu juga pernah bertemu dengan orang-orang yang sekarang mungkin hanya kenangan. Kamu mungkin sudah melewati masa lalu yang duka dan membuat kamu terluka, tapi apakah kamu sudah benar-benar meninggalkannya? Atau justru kebahagiaan atas masa sekarang ditutupi oleh bayang-bayang masa lalu?

 

Baca Juga: Tips Berpikir Positif

 

Kebahagiaan sejati sesungguhnya didapatkan dari diri kamu sendiri. Maka dari itu, kamu perlu bangkit dari bayang-bayang masa lalu dan fokus pada kebahagiaan kamu yang sekarang. Berikut ada beberapa tips untuk kamu yang sedang berusaha berdamai dengan masa lalu, untuk menjalani kehidupan yang lebih baik ke depan.  

 

Ciptakan “Mantra” Kamu Sendiri

Mantra bisa berarti ucapan yang menguatkan pikiranmu. Ucapkan mantra ini setiap kali kamu terjebak dalam pikiran yang mengganggu. Mantra yang kamu pilih ini bisa apa aja, intinya kata-kata positif yang bisa membuatmu merasa lebih tenang dan nyaman. Contohnya: “Aku bersyukur masih menemukan jalan baru dalam hidup!” atau “Tenang, semuanya akan berakhir dengan baik.”

 

Maafkan Mereka yang Pernah Salah

Dalam kehidupan, kita pasti tidak pernah terlepas dengan orang-orang yang membuat kita sedih, kecewa, bahkan terluka. Daripada selalu fokus pada apa yang terjadi di masa lampau, baiknya ajak dirimu untuk fokus dengan saat ini, dan pelan-pelan belajar memaafkan. Walaupun mereka belum pernah mengucapkan maaf misalnya, setidaknya memaafkan bisa membuat hatimu lebih tenang. Pada akhirnya, kamu akan menemukan diri kamu yang lebih optimal dalam mengaktualisasi diri. 

 

Maafkan Diri Sendiri

Selain berdamai dengan orang-orang sekitarmu, kamu juga bisa berdamai dengan diri sendiri. Memaafkan diri sendiri memungkinkan kamu untuk melepaskan rasa amarah, rasa bersalah, kesedihan, dan perasaan lain yang sering kamu alami. Terima diri kamu dan jadikan motivasi bahwa kamu akan menjadi lebih baik besok dan seterusnya. 

 

Buat Lingkaran Pertemanan Positif

Proses berdamai dengan masa lalu tentu tidak bisa dijalani sendirian. Kamu butuh orang lain untuk mendukung dan mengingatkan akan kebaikan yang pernah kamu ciptakan. Pastikan kamu mempunyai lingkaran pertemanan yang suportif dan menjadi one-call-away kamu, ya!

 

Mencari Bantuan Profesional

Kalau kamu kesulitan dalam melepas masa lalu yang menyakitkan, kamu bisa mencari bantuan profesional untuk memandu kamu dalam proses berdamai dengan masa lalu. Kalau kamu butuh tempat bercerita dan penanganan secara profesional, kamu dapat menghubungi psikolog di Ibunda.id untuk bercerita dan mendapat solusi dari masalahmu. 

 

Nah, itu dia 5 tips berdamai dengan masa lalu versi Ibunda.id! Apapun yang sedang kamu jalani sekarang, jangan pernah lupakan atas kebahagiaan yang kamu punya, ya. Seperti kutipan pada awal kalimat, kamu adalah kunci atas kebahagiaan kamu sendiri. Semoga kamu dapat berdamai dengan masa lalu dan fokus pada kebahagiaan di masa sekarang!

 

Source: 

www.healthline.com/health/how-to-let-go#6
www.entrepreneur.com/article/272275




Tanggapan mereka