Masalah Diri

5 Tips Ciptakan Body Image Positif

Oleh Salsabila Ainurrohman

Coba lihat bayi ketika berhadapan dengan cermin, dia akan sangat senang melihat pantulan dirinya di cermin. Senyam senyum sendiri, nunjuk-nunjuk, bahkan nge-sun cermin sampai menyisakan bentuk bibir lengkap dengan cipratan air liurnya sendiri. Sebegitu cinta nya mereka dengan dirinya.

 

Kamu? Kapan terakhir kamu menatap cermin dan tersenyum bangga melihat pantulan diri kamu di sana?

 

 

Berkaca sama kisah balita yang doyan ngaca tadi (yang pastinya pernah dilakuin sama semua orang di masa kecilnya), ada sebuah pesan mendalam yang sebenarnya seringkali banyak terlupakan. Body image positif. Body image menurut National Eating Disorder Association adalah citra tubuh, tentang bagaimana seseorang dalam melihat diri mereka sendiri ketika bercermin, atau membayangkannya di dalam pikiran.

 

aku kok gendut banget sih // badanku ngga ada bentuknya // aku benci kulitku, item banget // coba aja badanku lebih tinggi // kok aku lemah banget sih // i just hate myself

 

Banyak orang terjebak dalam body image negatif, hingga muncul perasaan tidak puas bahkan kecewa saat bercermin. Kecewa gara-gara ngga punya rupa macem Raisa atau Angelina Jolie.  Nah, salah satu faktornya adalah lingkungan sosial yang seakan punya ‘aturan’, kalau cantik itu harus yang A, B, dan C, kalau keren itu harus yang A, B, dan C, dst dst. Sampai akhirnya terlalu keras pada diri sendiri, memaksakan untuk bisa A, B, dan C, dan lupa untuk mencintai diri sendiri. 

 

Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh BMI Research pada wanita usia 18-64 tahun di beberapa kota besar di Indonesia, ditemukan bahwa ternyata hanya 10% wanita Indonesia yang punya body image positif karena merasa dirinya cantik. Sisanya? Kesulitan untuk memiliki body image yang positif terhadap diri mereka sendiri. Terjebak dalam iklan body lotion yang berisi cewek-cewek putih, mulus, bening, dst dst, hingga akhirnya merasa tidak puas dan tidak percaya diri.

 

Memiliki body image negatif pada tingkatan tertentu itu wajar.  Tapi jika terlalu sering, seperti melabelkan diri dengan body image negatif secara terus menerus, ini bisa berujung sama gangguan psikologis. Misalnya depresi, anorexia, gangguan dismorfik, bulimia, dst dst (eits, jangan langsung self diagnose dulu. Kalau kamu merasa kepercayaan diri kamu seperti menurun drastis dan khawatir punya gangguan-gangguan mental ini, segera pastikan ke psikolog ya).

 

Nah, daripada fokus sama ‘tubuh ideal kata orang’ dan susah payah berusaha ‘mengubah’ bentuk fisik untuk ikutan standar itu, jauh lebih baik kalau kita fokus pada apa yang ada di dalam pikiran kita sendiri. Mulailah membuat diri kamu nyaman dengan dirimu, apa adanya, daripada mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan tentang diri kamu (karena seringkali kekhawatiran ini tidak nyata).

 

Jangan Fokus hanya Pada Kekurangan Fisik

 

Ketika bercermin, coba lihat diri kamu sebagai satu orang yang utuh, lengkap dengan semua kepribadian positif yang kamu punya. Beranikan diri menghadapi berbagai ‘suara’ negatif di kepala kamu, lawan dengan pikiran-pikiran positif.

 

Buat 10 List yang Berisi Hal-hal yang Kamu Sukai dari Diri Kamu

 

Baca list ini setiap hari, dan buat diri kamu bangga dengan apa yang kamu miliki, dan bangga dengan keberhasilan kamu melalui berbagai masalah kehidupan.

 

Berkumpul dengan Orang-orang Positif

 

Akan lebih mudah untuk menciptakan body image positif jika kamu berada dengan orang-orang yang suportif dan punya positive vibes. Kalau di sosmed nemu akun-akun yang bikin kamu ngga nyaman sama diri sendiri? Block aja! Lebih bagus lagi kalau kamu kasih kritik di akun itu, biar negative vibes nya ngga nular ke banyak orang lain.

 

Pakai Baju yang Nyaman

 

Dalam berpenampilan, ngga perlu khawatir tentang apa padangan orang lain atau bahkan apa yang lagi tren saat ini. Cukup pakai baju yang nyaman menurut kamu, yang bisa bikin kamu merasa lebih baik dan percaya diri.

 

Me-Time

 

Coba sisakan waktu setidaknya 15 menit setiap hari untuk membiarkan diri kamu rileks. Misalnya, tidur siang, yoga, makan-makanan sehat, denger podcast, baca buku, atau kegiatan positif lain yang bisa bikin kamu nyaman dengan diri kamu sendiri.

 

Itulah beberapa tips menciptakan body image positif dari iBunda. Merasa cantik dan mencintai tubuh sendiri itu bukan sebuah keegoisan kok, justru keharusan supaya kita bisa menjadi seorang yang selalu positif, percaya diri, dan tentunya mengerti pentingnya rasa syukur. Yuk resolusi tahun baru nya ditambah dengan ‘tahun baru, body image baru’.



“You are worth more than how you look”

Lindsay Kite

 

 

Buat kamu yang merasa punya masalah sama body image dan butuh teman curhat, kamu bisa curhat bersama iBunda di www.ibunda.id atau LINE @Ibunda. Bunda siap jadi counselor pribadi kamu kapan aja, di mana aja.


Tanggapan mereka