Percintaan

6 Tanda Kamu Jadi Korban Gaslighting

Oleh Jemima Christiani Utami

‘Kalau kamu mengulang kebohongan berkali-kali, kebohongan itu akan menjadi kebenaran’. Kurang lebih itulah salah satu prinsip seorang gaslighters atau dia yang suka melakukan tindakan gaslighting. Tunggu dulu, emang gaslighting itu apaan sih?

Menurut definisi dari Oxford Dictionary, galighting merupakan bentuk manipulasi dan kontrol yang ditemukan istilahnya pertama kali dalam sebuah film berjudul Gas Light yang dirilis tahun 1983. Film yang diperankan sama Ingrid Bergman ini menceritakan bagaimana pelaku gaslighting menyerang korban secara psikis dengan memberikan informasi yang keliru. Sampai-sampai bisa melumpuhkan mental korbannya dan membuat korban mempertanyakan realitasnya sendiri. Nah, konon katanya nih, Donald Trump juga seorang gaslighter loh, karena jago banget memanipulasi orang lain. 

 

Baca Juga: Fakta Psikologis Fenomena Gaslighting

 

Nah, untuk mencari tahu apakah kamu lagi berhubungan sama seorang gaslighter, kamu bisa kenali dari beberapa tanda berikut ini: 

Gaslighter Mengesampingkan Realitamu

Seorang gaslighter cenderung membuat kita mempertimbangkan realita dan mempertanyakan penilaian kita sendiri. Dia suka menyebut berkali-kali tentang kelemahan kita, atau bahkan membuat kebohongan tentang diri kita, sampai bisa membuat kita percaya dengan apa yang dia katakan. 

Dilakukan karena Ingin Memegang Kendali

Seseorang biasanya melakukan gaslighting bukan untuk menghancurkan korbannya, tapi dia ingin mempermudah tugasnya sendiri. Gak seperti di film-film di mana gaslighter memangsa korbannya untuk merenggut sesuatu. Tapi apa yang mereka inginkan lebih secara psikologis. Mereka ingin membuat dirinya memegang kendali dalam sebuah situasi. 

Biasanya Bisa Dipengaruhi Gender

Perilaku gaslighting seringkali digunakan sebagai bentuk kekerasan emosional terhadap perempuan. Berbagai stigma dan stereotipe mengenai perempuan, seperti perempuan itu lemah, emosional, gak berdaya, atau bahkan harus tunduk mematuhi pria, seringkali membuat korban gaslighters biasanya cenderung perempuan. Walaupun sebenarnya taktik gaslighting ini bisa aja gak mengenal gender. 

Gaslighter Sangat Mendominasi

Seorang gaslighter biasanya sangat mendominasi, sehingga membuat korban akan kesulitan untuk bisa mengalahkannya. Argumen apapun biasanya bisa selalu ditentang olehnya. Gaslighter bisa memposisikan bahwa korbannya adalah pembohong, atau udah kehilangan akal. 

Gaslighter Membuat Korban Setuju dengan Perspektifnya

Gaslighter akan membuat korbannya setuju dengan pandangannya. Umumnya, korban gak hanya akan setuju dengan pandangan gaslighter, tapi juga percaya bahwa dia pantas menerima pernyataan dari gaslighter tentang dirinya. Dengan ini, korban akan semakin merasa ragu akan dirinya sendiri.

Beberapa kalimat yang sering dikatakan sama gaslighter misalnya ‘lo sensitif banget sih jadi orang’. ‘Lebay banget deh’, ‘gak ada yang percaya sama kamu, ngapain aku percaya?’, dan lain-lain. 

Korban Sering Merasa Bersalah

Terakhir, kamu bisa jadi sedang terjebak sama seorang gaslighter ketika kamu terlalu sering meminta maaf walaupun kamu sebenarnya sadar kalau kamu gak salah apa-apa. Di sisi lain, seorang korban gaslighter biasanya seringkali membuat alasan untuk menerima perilaku si-gaslighter. Dia juga seringkali merasa punya keterikatan emosional dengan pelaku sehingga membuatnya kesulitan untuk terlepas dari hubungan yang gak sehat ini.

 

Baca Juga: Kekerasan Seksual dan Trauma yang Ditinggalkan

 

Itulah beberapa tanda yang perlu kamu kenali jika kamu merasa sedang terjebak dalam hubungan dengan seorang gaslighter. Jika kamu merasa beberapa tanda di atas relate banget sama kondisi kamu saat ini, mungkin ini saatnya kamu mulai perlahan mengurangi intensitas kamu bertemu dia. Kalau masih ragu-ragu, kamu juga bisa lho berkonsultasi dengan psikolog. Intinya, jangan biarkan orang lain jadi penentu bahagianya kamu atau keberhargaan kamu. Cukup jadi versi terbaik diri kamu, untuk diri kamu sendiri. Tetap semangat ya!

 

Reference:

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/how-be-yourself/201801/how-recognize-5-tactics-gaslighting
https://www.vox.com/first-person/2018/12/19/18140830/gaslighting-relationships-politics-explained
https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/phpe.12046
https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/gaslighting


Tanggapan mereka