Masalah Diri

Agar Puasa Selalu Lancar

Oleh Ibunda Official

Puasa adalah kewajiban bagi seluruh umat muslim yang ada di dunia, dan puasa memang sangat baik bagi kesehatan karena organ-organ tubuh dapat beristirahat dalam mencerna makanan. Ada beberapa tips yang mungkin memang terkesan standart, namun kadang banyak yang suka lupa atau menghiraukan akan pentingnya beberapa hal dibawah ini seperti

Pentingnya sahur

Malas bangun memang masalah utama ketika seseorang tidak sahur, padahal hal ini sangat disayangkan dan sebaiknya jangan dilakukan. Selama berpuasa, tubuh kita akan kehilangan energy, terlebih cairan yang akan membuat diri kita menjadi lemas. Ketika lemas, tentu kita akan kehilangan konsentrasi dan pikiran juga semakin lamban. Bayangkan bila seharian beraktivitas di luar, lalu kita tidak sahur? Selain lapar dan haus, ini juga berbahaya bagi kesehatan mental karena dapat membuat diri kita menjadi lebih cepat marah dan emosi.

Makan berlebihan ketika buka

Saat berbuka puasa, wajar bila kita ingin makan ini itu dan cenderung untuk mengkonsumsinya dalam waktu yang bersamaan. Makan banyak ketika berbuka puasa sebetulnya dapat membahayakan lambung dan pencernaan, karena selama seharian, perut kita kosong dan baiknya jangan diisi dengan makanan yang langsung banyak. Akibatnya, perut bisa menjadi kembung dan organ di dalam tubuh akan kaget sehingga kadang suka menyebabkan sakit perut yang nggak enak banget. 

Tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi

Jajanan pasar memang enak, apa lagi kue-kue basah dan es-es pinggir jalan yang sering banget dijadikan menu untuk berbuka puasa. Namun selama bulan puasa, perlu diingat untuk tetap mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Penyakit yang paling sering terjadi saat bulan puasa adalah sulit buang air besar, nah makannya perlu mengkonsumsi serat seperti buah dan sayur. Jangan lupa juga untuk tetap mengkonsumsi vitamin agar daya tahan tubuh tetap fit. 

Hindari kaffein dan soda

Buat yang nyandu banget sama kopi, rasanya memang susah bila tidak menyentuh minuman ini sehari saja. namun selama bulan puasa, perut masih suka beradaptasi dengan keadaan, sehingga bila kaffein dan soda masuk, maka akan menyebabkan perut berkontraksi. Mungkin kamu bisa mengkonsumsi kaffein dan soda setelah makan makanan berat terlebih dahulu. 


Tanggapan mereka