Masalah Diri

Andovi Da Lopez Curhat Soal Depresi

Oleh Salsabila Ainurrohman

Siapa bilang jadi seorang entertainer itu berarti hidupnya happy happy selalu? Seorang yang tampak selalu tertawa di media sosialnya, selalu posting kesuksesan hidupnya, pokoknya ‘keliatannya’ baik-baik aja, ternyata bisa jadi dia justru memendam keresahan dan masalah besar dalam dirinya.

 

Sebut aja Andovi Da Lopez, seorang Youtuber yang doyan becanda dan terlihat ceria di mana-mana itu ternyata diam-diam pernah mengalami depresi yang cukup serius lho. Dalam video ngobrol-ngobrolnya bareng Raditya Dika, Andovi menceritakan kalau depresinya ini datang tiba-tiba. Tiba-tiba aja dia merasakan kekosongan yang luar biasa dalam dirinya, dan dia kehilangan minat sama hal-hal yang dia minati biasanya.

 

“everything was fine in my life, so why am i depress? then, i hated myself more”

 

Andovi sempat merasakan kalau seharusnya dia ngga boleh merasakan depresi. Gimana engga? Keluarga? Baik-baik aja. Pacar? Ngga ada masalah. Kerjaan? Finansial? Semua aman. Tapi, depresi ini bisa datang tanpa mengenal dari status sosial mana seseorang berasal. Seperti yang dialami Andovi ini.

 

Nah, dari pengalaman depresi yang pernah ia alami, Andovi membagikan beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat nih buat kamu. Apa aja ya?

 

Akui Perasaan Itu

 

Seringkali ketika seseorang sudah menunjukkan tanda-tanda masalah dalam mentalnya, justru dia menolak apa yang dia rasakan. Padahal, penolakan ini justru bisa bikin masalah dalam diri makin memburuk lho. Seperti yang dialami Andovi nih, selama dia merasakan gejala-gejala depresi yang ngga nyaman itu, dia justru cenderung membiarkan bahkan menolak apa yang dia rasakan.

 

Tahukah kamu? Mengalami masalah dengan mental, entah itu depresi, kecemasan, atau gangguan mental lainnya, itu ngga apa-apa kok. Sama kaya batuk pilek, bisa disembuhkan. Asalkan, kamu akui dulu perasaan itu, akui kalau ada yang ngga beres dengan mental kamu, barulah kamu bisa masuk ke tahap berikutnya untuk bisa healing dari penderitaan kamu.

 

Tenang, Kamu Ngga Sendirian

 

Ketika berada di titik terendahnya karena depresi, Andovi mengaku merasa lebih baik setelah menceritakan keresahannya sama orang terdekatnya. Awalnya, Andovi sangat menutup diri untuk ngga cerita ke siapa-siapa dan selalu berusaha baik-baik aja di hadapan orang lain. Kenapa? Karena ia mengaku takut akan di-judge sama orang lain tentang depresi yang dia alami.

 

Nyatanya, ada banyak bantuan di luar sana. Setelah lebih terbuka dengan depresi yang dialaminya, Andovi mengaku merasa jauh lebih baik. Kamu juga bisa lho jadi lebih baik dari sekarang. Jangan pendam masalah kamu sendirian, karena yakinlah kamu berharga dan banyak orang yang peduli dengan eksistensi kamu di bumi ini.

 

once i knew that i wasn’t alone, it felt so much better”

 

Segera Temui Profesional

 

Setelah mengunggah video curhat soal depresi di akun youtube miliknya, Andovi mengaku mendapatkan banyak cerita-cerita pilu soal depresi yang ternyata juga banyak dialami orang lain. Bahkan ada seorang psikolog yang menghubungi Andovi, dan secara personal membantu Andovi untuk bangkit dari depresinya.

 

See? Dengan jujur sama apa yang Andovi rasakan, dia menyadari kalau ada banyak bantuan di luar sana yang bisa membawa seseorang keluar dari zona hitam depresinya. Depresi itu bukan tentang orang yang kurang iman, lemah, atau bahkan karena kurangnya kepedulian dari orang-orang terdekatnya.

 

Depression is all about physiology and psychology. Maybe it’s just something happen in your head that you cannot control.

 

Depresi memang termasuk dalam salah satu gangguan mental yang perlu untuk mendapatkan penanganan serius dari ahlinya. Tapi, seseorang yang merasa punya gejala depresi baiknya segera konsultasi ke psikolog atau psikiater ya. Tenang aja, kamu bisa kok melalui ini semua. Kalau kamu butuh teman curhat online, kamu bisa curhat aja di www.ibunda.id. Gratis! Dan Bunda selalu siap sedia jadi teman curhat online kamu di mana aja kapan aja.


Tanggapan mereka