Masalah Diri

Awkarin Suarakan Kesehatan Mental Lewat #SadardanPeduli

Oleh Salsabila Ainurrohman

“..everyone told me that I can’t do it, im not good enough, I’m not worth it, or I’m not amazing because I Am Amazing and I Am Worth It and I Can Do Everything” - @Awkarin

 

Semua hal yang negatif ngga harus dibalas dengan yang negatif juga. Kurang lebih itulah pelajaran yang bisa kita ambil dari Karin Novilda atau Awkarin. Hadir sebagai influencer yang terbilang sensasional dan ngga sedikit mengundang komentar nyinyir netizen, ngga bikin Karin lantas membalas netijen dengan hal negatif juga. Dia justru hadir dengan penuh percaya diri dan menjadi dirinya sendiri, dan ini pun ngga sedikit lho menginspirasi followersnya untuk berani menjadi diri sendiri tanpa perlu khawatir pandangan orang lain.  

 

Setelah beberapa waktu lalu sempat membuat ramai di jagat media sosial karena dikabarkan akan berhenti dari media sosial yang membesarkan namanya, Awkarin hadir lagi dengan membawa konten-konten yang berbeda. Dalam sebuah video yang diunggah karin berjudul I Quit Instagram, Awkarin mengaku pernah mengalami depresi sampai dua kali. Setelah berhasil melalui tahapan itu, kini Awkarin mulai banyak membagikan konten seputar pelajaran mental illness atau isu-isu kesehatan mental di media sosialnya dengan membawa #SadardanPeduli. Dari perjuangannya melawan depresi inilah, Awkarin lalu berusaha menyebarkan kesadaran akan kesehatan mental di media sosial pun di dunia nyata supaya tidak ada orang-orang yang terjebak dengan mental illness seperti yang penah ia alami.

 

Nah, melihat dari akun Instagram Karin di @Awkarin nih, ada beberapa pelajaran tentang kesehatan mental yang bisa kita ambil.

 

Jangan Lupa Senyum

 

Terkadang hal remeh temeh sekalipun akan sangat berpengaruh sama kondisi hati seseorang, termasuk senyum. Terbarkanlah senyuman pada siapa pun, karena sedikit senyum akan sangat bermanfaat ngga hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain untuk menularkan virus semangat pada mereka.

 

Stop Body Shaming 

 

Salah satu alasan kenapa banyak orang memilih untuk tampil sempurna di media sosial atau bahkan sampai melakukan operasi plastik adalah karena dia kehilangan rasa percaya dirinya. Karena apa? Body shaming atau perilaku merendahkan orang lain dari fisiknya (misalnya dibilang gendut, kurus, jelek, dst dst). Faktanya, body shaming itu punya pengaruh besar sampai membuat seseorang jadi hilang rasa percaya diri atau bahkan sampai membenci dirinya sendiri. Jadi, berhentilah mencela orang lain dari fisiknya, sebarkan semangat positif, karena kata-kata negatif bisa berpengaruh besar sama kehidupan orang lain. 

 

Move On untuk Diri yang Lebih Baik

 

Siapa sih yang ngga galau habis putus cinta? Itu wajar dan normal kok. Tapi yang ngga boleh adalah terus berlarut-larut dalam kesedihan karena bisa berdampak sama kesehatan mental kita. Awkarin membagikan beberapa tips untuk mengatasi galau putus cinta supaya bisa cepat move on, seperti beberapa di antaranya adalah isi waktu luang dengan lebih produktif, berhenti stalking mantan, minta teman-teman kamu untuk ngga membicarakan lagi tentang si mantan, simpan jauh barang-barang pemberian mantan, pergi liburan, dan yang ngga kalah penting adalah love yourself first.

 

Nah, itulah beberapa pelajaran soal kesehatan mental yang dibagikan Awkarin di akun Instagramnya. Lewat #SadardanPeduli, Awkarin mencoba untuk memberikan pelajaran positif dan tentunya meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental kepada para followers nya. Hmm.. jadi penasaran kira-kira pesan positif apa lagi ya yang bakal di share sama Karin?

 

Untuk kamu yang butuh teman cerita seputar isu kesehatan mental, atau kamu merasa punya masalah dengan kondisi kesehatan mental kamu, jangan lupa untuk temui profesional ya. Kalau merasa belum yakin, kamu bisa kok curhat sama iBunda. Hubungi Bunda di www.ibunda.id atau LINE @Ibunda, Bunda siap hadir untuk jadi pendengar plus counselor pribadi buat kamu.


Tanggapan mereka