Pertemanan

Baikan dengan Sahabat

Oleh Ibunda Official

Ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa sahabat adalah keluarga yang kita pilih sendiri, karena sahabat adalah orang-orang yang kita anggap memiliki kecocokan, kemiripan atau ketertarikan pada suatu hal yang sama. Sama seperti halnya sebuah hubungan percintaan yang kadang pasang surut, hubungan antara sahabat pun juga kadang memiliki lika liku yang tidak mudah untuk dijalani. Perbedaan pendapat, perbedaan persepsi dan banyak hal lainnya yang membuat persahabatan bisa menjadi renggang. Masalah gengsi menjadi kendala utama saat persahabatan kalian sedang diuji, dan yang akhirnya berujung pada diam-diaman dan tidak berkomunikasi. Memberi waktu sejenak untuk sama-sama berpikir dan keluar dari zona nyaman sih boleh-boleh aja, tapi jangan jadi kelamaan diam-diaman gitu dong.

Nah, buat yang lagi ngerasain diam-diaman dengan sahabat mending dengerin saran dari kita deh. Yang pertama, jangan pernah gengsi untuk meminta maaf dan menghubungi duluan. Ini memang hal sepele, namun sebetulnya susah dilakukan jika ego kalian terlalu besar. Sayang banget kalo persahabatan kalian retak gitu aja cuma gara-gara gengsi. Yang kedua, coba untuk Tanya baik-baik mengenai salah apa yang sudah kalian perbuat, karena jika sama-sama tidak mengakui kesalahan, maka tidak akan menemukan titik tengah. Buat yang udah ngerasa kalo dirinya salah, coba bikin surprise kecil-kecilan untuk sahabat yang masih ngambek, seperti membawakan dessert kesukannya atau membelikan cd lagu favorit. Dan yang terakhir, kalo udah ngelakuin semua cara diatas dan sahabat masih juga bete, coba untuk sedikit bersabar dan diamkan dia untuk beberapa waktu. Kalo sahabat kalian memang benar-benar sahabat sejati, pasti bakal kangen dan ga kuat buat ngediemin kalian lama-lama. 


Tanggapan mereka