Percintaan

Balikan Sama Mantan? Pertimbangkan Hal Ini

Oleh Achmad Yayang

Baru-baru ini warganet dibuat heboh soal poster film “Rembulan Tenggelam di Wajahmu”. Namun, yang membuat film ini heboh oleh warganet ialah karena pemerannya, yakni Anya Geraldine dan Bio One yang sebelumnya pernah menjalin kasih, kembali disatukan dalam film tersebut.

Tanggapan warganet pun bermunculan dalam kolom komentar akun Instagram Anya Geraldine, yang kebanyakan mendukung Anya buat balikan sama mantannya itu. Padahal, Anya sedang menyandang status sebagai kekasih dari Ovi Rangkuti. Sementara Bio One tengah dikabarkan dekat dengan Beby Tsabina.

Tapi, terlepas dari apakah nanti mereka beneran akan balikan lagi atau nggak, Ibunda ingin membahas kalau ternyata balikan itu belum tentu kamu bisa memperbaiki hubungan sebelumnya lho. Kalau kamu juga lagi di posisi yang sama kaya Anya Geraldine dan Bio One dan galau untuk balikan lagi apa engga, penting banget nih untuk tahu dulu apa aja hal yang harus dipertimbangkan biar kamu gak jatuh di lubang yang sama gara-gara balikan sama dia. Yuk simak tips yang dikutip dari HelloSehat berikut ini:

Temukan Alasan yang Tepat

Temukan alasan yang jelas sebelum kamu menjalin hubungan lagi dengan dia, kalau emang alasan kamu cukup jelas dan bisa dijadikan alasan untuk balikan, itu tandanya memang kamu siap menjalin hubungan kembali dengan mantanmu. Jika alasan kamu karena kesepian, dan ternyata pas balikan kamu tetap merasa kesepian gimana? Jangan sampai doi hanya jadi pelampiasan kekosongan kamu doang lho ya, tapi pastikan kalau hubungan kalian saling mengisi satu sama lain.  

Jangan Ingat Kesalahan Lalu, Tapi Buka Lembaran Baru

“Aku kira pas kita balikan kamu jadi lebih peka! Ternyata sama aja ya”, kata-kata itu pasti akan membuat kamu yang memilih balikan sama mantan jadi berantem. Ingatlah, balikan sama mantan bukan berarti bisa memperbaiki masalah yang dulu, tapi justru kamu memulai lagi hubungan baru. Kalau perlu, sama-sama ciptakan hal baru yang lebih positif lewat kegiatan-kegiatan yang produktif. Cari buku bacaan bersama, membuat karya bersama, atau aktivitas positif yang bermanfaat lainnya. Jangan lupa terapkan dalam diri kamu bahwa balikan bukan memperbaiki. 

Siap-siap dengan Hubungan yang Berbeda 

Jika saat kamu putus dengan mantanmu dulu kerjaannya gitu-gitu aja, gak jauh dari jalan, nonton, makan bareng, atau hal apapun itu yang menurutmu membosankan. Buat hubungan kamu menjadi lebih fresh dengan mengisi segala kegiatan baru yang belum pernah kamu lakukan. 

Tidak Perlu Berharap Lebih

Balikan sama mantan bukan berarti bisa menjamin kalau kamu bakal terus langgeng sama dia selamanya. Memang gak ada salahnya menjalin kembali hubungan dengan dia yang dulu pernah mengecewakan, tapi kamu juga gak boleh terlalu berekspektasi berlebihan sama dia. Cukup jalani hubungan sewajarnya saja dan biarkan waktu yang menjawab apakah dia yang layak mendapatkan waktu kamu atau sebaliknya.

Itulah beberapa tips untuk kamu yang ingin kembali menjalin kasih dengan mantan. Kalau kamu masih ragu atau bahkan masih terjebak trauma menjalin hubungan karena mantanmu, kamu juga bisa lho konsultasi atau curhat sama Ibunda di LINE @Ibunda. 


Tanggapan mereka