Masalah Diri

Berhenti Menyalahkan Dirimu Sendiri

Oleh Ibunda Official

Minta maaf memang harus dan sangat diperlukan, apa lagi ketika kita mengakui bahwa diri kita salah. Lagipula semua orang juga pasti pernah melakukan kesalahan kan? Baik yang disengaja, ataupun yang tidak disengaja sekali pun. Namun, ada beberapa anak muda yang terlalu sering menyalahkan diri sendiri, hingga berkepanjangan dan terus menerus mengjudge dirinya dan tidak bisa memaafkan diri sendiri. 

Yang namanya perasaan bersalah memang wajar, namun perasaan ini jangan terus-terusan dipikirin hingga akhirnya bikin kita stress dan seperti dihantui bayang-bayang masa lalu. Karena, salah satu penyebab seseorang menjadi depresi ya ini… terlalu menghakimi diri sendiri akan perbuatan yang udah berlalu. Sepahit-pahitnya kesalahanmu, kamu tetap harus bisa bangkit dan perlahan melupakannya. 

Selain itu, menyalahkan diri sendiri dan meminta maaf secara berlebihan dapat menunjukkan bahwa kamu kurang percaya diri dan lemah. Orang lain akan menilai bahwa kamu sangat takut akan judgment dari orang lain, terlebih orang yang pernah sakit hati karenamu. Orang lain juga akan merasa risih jika kamu terlalu menunjukkan perasaan bersalahmu ini dan terus-terusan meminta maaf.

Belajarlah untuk menjadi orang yang kuat dengan menunjukkan perilaku ketika merasa bersalah, segera lah meminta maaf, lalu bangkit dan mencoba untuk memperbaiki atau dengan tidak mengulang kesalahan yang sama. Tunjukkan bahwa kamu pantas untuk diberikan kesempatan kedua dan pantas untuk diterima kembali atas kesalahan yang pernah kamu buat. 

Terlalu menyalahkan diri sendiri dan menyesali perbuatan tentu hanya membuat keadaan semakin terpuruk dan tidak menemukan solusi atau jalan untuk membuat keadaan membaik. 


Tanggapan mereka