Masalah Diri

Berita Hoax Kok Dipercaya?

Oleh Fx Dimas

Sering enggak sih kemakan yang namanya berita hoax? Pasti kamu mudah marah atau berpikiran negatif kalau udah baca suatu berita, ngaku deh. Fenomena hoax atau berita hoax sampai saat ini masih banyak lho. Mereka yang membuat berita hoax pasti ada unsur kesengajaan. Tentunya tujuan mereka yaitu ingin meresahkan, bikin rusuh, dan membuat kita jadi berpikiran negatif.

Berita hoax atau berita bohong sebenernya masih bisa dikurangin lho kapasitasnya. Siapa lagi orangnya kalau bukan pers atau media. Pers yang benar tentunya hadir dengan berita aktual sesuai fakta dan kebenaran, bukan malah sebaliknya yang bisa menimbulkan gejolak sosial. Begitu pun kita sebagai masyarakat yang masih perlu pilah pilih berita lho. Tapi gimana sih kita sebagai masyarakat membantu meminimalisir berita hoax dan turun menjadi bagian dari gerakan #LawanHoax ?

1. Cek kebenarannya

Berita hoax semakin dibiarkan semakin meresahkan. Mencari sebuah kebeneran berita mungkin bisa jadi salah satu cara untuk kamu yang ingin membantu mengurangi berita hoax yang mewabah di luar sana. Pintar-pintarlah membaca berita dan cek kebenarannya. Coba untuk tidak melihat hanya dari satu sudut pandang aja ya. Kalau semakin banyak orang pintar dan enggak malas untuk mencari kebenaran sebuah berita, pasti deh berita hoax di masyarakat bisa berkurang. Yuk, kita coba dari diri sendiri!

2. Jangan asal share

Jaman udah semakin canggih nih, tapi ingat ya kitalah yang mengendalikan jaman bukan kita yang dikendalikan. Berita hoax pun juga gitu, kita bisa lho mengurangi berita hoax dengan tidak asal share berita di jejaring mana pun. Dari sebuah genggaman gadget atau sentuhan jari kita bisa aja tanpa sadar menyebarkan berita hoax.

Ayo ngaku deh siapa yang sampai sekarang masih suka langsung share kalo abis nemu berita? Banyak orang yang biasanya mudah atau asal share berita yang mereka baca dan langsung emosi, padahal belum tentu kebenerannya. Coba deh usahakan untuk enggak gatel pengen share berita ini itu ya. Cari tau dulu kebenarannya baru deh di share ke orang-orang. Padahal belum tentu berita yang kamu share itu terbukti kebenarannya. Mulai sekarang coba untuk belajar untuk enggak gatel share berita yang belum tentu kebenarannya ya!

3. Kunjungi sumber terpercaya

Buat kamu yang suka baca berita di dunia maya, coba yuk untuk pintar menanggapi sebuah berita. Jangan sampai mengkonsumsi yang namanya berita hoax. Enggak jarang orang yang mentah-mentah menelan sebuah berita tanpa menjadi sebuah kebenaran yang falid. Mereka yang termakan berita bohong biasanya mendapatkan berita di situs yang bisa di bilang abal-abal dengan judul yang terkesan menyudutkan orang lain. Sebenernya kamu sah-sah aja membacanya, tapi ingat ya abis itu langsung cari kebenarannya di situs atau sumber yang bisa dipercaya. Yang bisa memilah sebuah berita itu kamu sendiri lho, jangan mudah terpancing pada sebuah kebohongan.

Oh iya, Selamat Hari Pers Nasional dan jangan enggan untuk #LawanHoax

 


Tanggapan mereka