Masalah Diri

Buat Introvert, Ini Cara Gali Potensimu

Oleh Inviani Sekoati

Kalo ngomongin soal introvert, pasti yang ada dipikiran adalah pendiam, tertutup, senang menyendiri dan cenderung pemalu. Dan hal-hal tersebut biasanya yang menjadikan introvert jadi bahan pembicaraan yang negatif dari orang-orang di luar sana.

 

Tapi sekarang kayaknya kita harus menghilangkan pikiran-pikiran jelek soal introvert. Karena ada penelitian yang bilang kalo dalam diri introvert itu sebenarnya tersimpan potensi yang besar, bahkan melebihi ektrovert. Asalkan mereka bisa memahami, mendalami dan mengaplikasikannya dengan benar.

 

Mungkin nih ya salah satu penghambat mereka ya itu tadi, kurang memahami dan mendalami potensi mereka. Maka itu, introvert juga perlu menggali potensi supaya nggak diomongin orang terus. Kalo nggak tau caranya, nih Bunda bakalan kasih tau buat kamu.

 

Manfaatkan Kesendirian

 

Introvert itu pasti senang menyendiri kan, termasuk dalam mengerjakan sesuatu. Kalo memang lebih nyaman, fokus, dan senang dalam kesendirian, coba deh maksimalkan kesendirian untuk lebih melakukan kegiatan yang produktif. Kamu bisa nulis blog kalo kamu suka nulis atau kamu bisa juga melukis kalo kamu suka menggambar.

 

Coba Lakukan Hal Baru

 

Seperti yang di awal tadi, banyak yang menjadikan introvert sebagai bahan omongan yang negatif. Nah, ini biasanya yang bikin introvert jadi mendem karena mereka menganggap omongan itu benar. Ini jugalah yang seringkali bikin introvert enggan melakukan hal baru. Padahal, mencoba keluar dari zona nyaman itu bisa membantu menemukan dan menumbuhkan potensi lho.

 

Manfaatkan Kemampuan Mendengar dan Mengamati

 

Jadi pendengar dan pengamat yang baik adalah kemampuan dari introvert. Ini sebenarnya bisa menjadi jalan untuk mengembangkan potensi kalo nggak mau banyak terlibat dengan orang lain. Hal yang bisa dicoba adalah observasi. Dengarkan lalu observasi lebih dalam orang-orang di sekitarmu. Mungkin dengan cara itu inspirasi akan datang.

 

Cari Lingkungan Yang Memiliki Kesamaan

 

Biasanya introvert lebih senang berada di dalam lingkungan dengan orang-orang yang memiliki passion dan minat yang sama. Nah kalo gitu, bisa dicoba untuk bergabung dengan komunitas yang sesuai, sehingga ada wadah yang membantu mengembangkan dan menggali passion mu supaya bisa lebih terarah dan terasah.

 

Nah, kalo kamu ngerasa diri kamu termasuk pribadi yang introvert, kamu harus tetap gali potensi kamu. Jangan biarkan diri kamu semakin tenggelam karena omongan orang lain yaa.


Kalo kamu masih kurang jelas atau merasa masih kesulitan buat menerapkan ini, kamu boleh lho tanya lagi sama Bunda. Kamu juga bisa curhat online gratis bareng konselor terlatih Ibunda. Yuk chat ke LINE @ibunda atau website www.ibunda.id.


Tanggapan mereka