Masalah Diri

Cara Bahagia di Kantor untuk Orang Sensitif

Oleh Salsabila Ainurrohman, Lady Noor Chita

Jadi orang super sensitif itu nggak enak, apalagi di tempat kerja. Dikritik atasan dikit, kepikirannya sampai berhari-hari, diomongin sama teman kerja, bawaannya pengen langsung resign. Emosi jadi sering mellow setiap berurusan dengan orang kantor. Gimana dong cara bahagia di kantor buat orang yang sensitif? 

 

Pernah denger istilah highly sensitive person atau HSP? HSP adalah suatu kondisi di mana seseorang memiliki sensitivitas yang tinggi baik secara fisik, mental, dan emosi yang ditujukan kepada eksternal maupun internal dirinya. Orang HSP ini juga sering disalah pahami sebagai orang yang baperan atau sensi banget. 

 

BACA JUGA: Tips Menghadapi Pacar yang Terlalu Baper

 

Bagi orang yang HSP, seringkali reaksi seseorang tentang apa yang dia lakukan itu sangat mempengaruhi mood sampai ke produktivitas kerjanya lho. Apalagi buat orang HSP yang bekerja yang harus berhadapan dengan banyak orang. Tentu nggak gampang bagi dia untuk bisa membaur dan menyesuaikan diri di tengah mood nya yang mudah gloomy. Alhasil, bukannya happy, tapi justru kerjaan malah jadi stressor buat orang yang HSP. Trus gimana dong cara bahagia di kantor walau jadi orang yang sensi? 

 

Kenali Diri Kamu

 

Sebagai HSP, modal awal agar tetap bahagia dalam situasi kerja yang stres sekalipun adalah mengenal diri dengan baik. Apakah kamu tipe orang yang lebih nyaman bekerja sendiri? Tidak bisa berada di ruangan yang terlalu terang? Atau kamu justru suka dengan tempat kerja yang terbuka di luar ruangan? Coba deh, list apa aja kekuatan dan kelemahan kamu dan jika kamu merasa kamu cocok di situasi kerja tertentu, maka saatnya kamu untuk coba bidang itu. 

 

Sensitivitas adalah Kekuatanmu

 

Nggak perlu malu jadi orang yang sensitif, karena itu bukan menandakan kamu lemah. Kamu bisa memanfaatkan sensitivitas kamu menjadi kekuatan yang bisa menunjang pekerjaanmu lho! Misalnya, seniman-seniman terkenal aja bisa memanfaatkan sensitivitasnya terhadap emosi sehingga menghasilkan karya luar biasa. 

 

Speak Up!

 

Temen kantor ada yang bilang kamu baperan atau lebay? Biarin aja. Mereka nggak mengerti kondisi kamu, makanya mereka asal menyimpulkan. Kamu juga nggak perlu berusaha untuk menjelaskan diri kamu ke mereka kok. Akan lebih baik kalau kamu komunikasikan ini ke supervisor atau HR di kantor tentang kondisi dirimu. Bisa jadi mereka bersedia untuk mendengarkan dan membantu kebutuhanmu kan?

 

Jangan Lupa Rawat Dirimu

 

Ini yang paling penting, self care atau merawat diri. Rencanakan hal-hal rutin yang bisa mengembalikan energimu seperti ambil waktu untuk menghabiskan waktu sendiri selama beberapa menit di kantor, dengarkan musik menenangkan favorit kamu, atur ruang kerja kamu dengan rapi, atau isi waktu luang akhir pekan kamu dengan aktivitas yang paling kamu suka untuk bantu kamu nge-charge energi lagi. 

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya kembali bahagia di tempat kerja. Jika kamu merasa hal-hal di atas masih belum membantu, dan emosi-emosi yang kamu rasakan semakin sering mengganggu kamu dalam beraktivitas, cobalah untuk mulai temui profesional seperti psikolog. Ingat ya, ketemu psikolog itu bukan sesuatu yang memalukan kok. Itu justru menandakan kalau kamu adalah orang yang berani dan peduli dengan kesehatan dirimu.

 

BACA JUGA: Tanda yang Menunjukkan Kamu Stres Kerja Akut

 

Jika kamu butuh teman curhat online gratis untuk membantu kamu cari cara bahagia di kantor atau di mana aja, Ibunda juga siap kok jadi pendengar kamu di mana aja kapan aja. Kamu bisa curhat bareng konselor Ibunda secara gratis di LINE @Ibunda, atau bisa juga mencoba fitur berbayar Ibunda, dengan telfon atau ketemu langsung sama psikolog. Mau tau info lebih lanjut? Hubungi Ibunda.id di link ini ya. 




Tanggapan mereka