Kata Bunda

Cara Cek Kondisi Kesehatan Mental

Oleh Bianda Widiyani

Seseorang yang punya sakit fisik, flu misalnya, bisa keliatan lewat gejala seperti batuk-batuk, sakit kepala, atau bersin-bersin. Gimana dengan masalah kesehatan mental? Gimana cara kita mendeteksi kalau kesehatan mental kita baik-baik aja?

 

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan (selain tentunya pergi menemui psikolog atau psikiater) adalah lewat survey kesehatan mental. Ibunda juga punya lho survey kesehatan mental yang bisa kamu gunakan sekarang! Mau tau kondisi kesehatan mental kamu seperti apa? Buat kamu yang belum ikutan dan berusia di bawah 18 tahun, kamu bisa ikut survey nya di ‘Survey Kesehatan untuk Remaja’ . Kalau buat kamu yang berusia di atas 18 tahun, kamu bisa ikut survey nya di ‘Survey Kesehatan untuk Dewasa’.  

 

Udah coba? Penasaran arti nilai kesehatan mental yang kamu dapatkan dalam survey tersebut? Yuk simak penjelasannya berikut ini:

 

Skor 0-20: Yay Kamu Baik-baik saja!

 

Jika kamu mendapatkan skor 0-20, berarti kamu sedang baik-baik saja. Jaga terus kesehatan mental kamu yaa. Untuk mempertahankan kondisi tersebut, kamu bisa baca artikel dan tips bunda di sini.

 

Skor 21-37: Oh, Kamu Membutuhkan Sedikit Bantuan

 

Jika skor kamu berada di kisaran ini, berarti kamu membutuhkan sedikit bantuan. Coba ingat-ingat lagi, apakah ada hal yang membuat kamu merasa kurang nyaman atau mengganggu beberapa hari belakangan? Jangan ragu untuk bercerita mengenai hal tersebut pada teman, keluarga, atau orang yang kamu percaya, yaa. Kamu juga bisa cerita ke Bunda lewat LINE http://bit.ly/ibundaLINE atau di website www.ibunda.id/curhat. Selalu ingat, kamu tidak sendirian!

 

Skor 38-50: Hmm Kamu Membutuhkan Bantuan Profesional

 

Terakhir, jika skor kamu berada di angka ini, Bunda sangat menyarankan kamu untuk menemui psikolog atau psikiater terdekat di kota mu. Apalagi jika apa yang kamu rasakan sudah mengganggu produktivitas dan keseharian kamu. Tentunya ini menandakan kalau mental kamu sedang membutuhkan bantuan. 

 

Buat kamu yang berdomisili di Jabodetabek dan mau ketemu langsung dengan psikolog Ibunda, kamu juga bisa daftar konseling tatap muka dengan psikolog bunda selama 90 menit di Counseling Corner Ibunda. Jika kamu kesulitan untuk mengakses psikolog atau psikiater terdekat, kamu konseling lewat telepon dengan psikolog selama di Curhat Call Ibunda. Intinya, jangan ragu untuk mencari bantuan ya!


Tanggapan mereka

TRp

sekitar 18 hari yang lalu

Link untuk surveynya sudah tidak ada ya