Keluarga

Cara Menghadapi Orang Tua Yang Selingkuh

Oleh Ataya Suyoto

Mengetahui bahwa orang tua kamu selingkuh? Pasti enggak enak banget ya!  Dalam hal ini sebenarnya setiap keluarga memang memiliki permasalahan masing-masing, tidak ada keluarga yang sempurna. Jadi kamu jangan terlalu menjadi orang yang paling merasa terpuruk ya karena bukan kamu ada kok yang merasakan hal ini.

Memang sih permasalahan ini cukup sensitif untuk seorang anak bisa menerima semuanya, Bunda mengerti kok pasti ini sedih banget. Bahkan pasti ada perasaan ingin marah dan tidak menyukai orang tua kita sendiri. Aduh harus gimana ya menghadapi orang tua yang selingkuh? Yuk, simak tipsnya bersama Psikolog Tara de Thouars!

Cari teman curhat

Penting banget lho untuk bercerita mengenai perasaanmu dengan seseorang yang kamu percayai. Coba deh untuk buang dulu rasa takut atau malu, saat ini yang kamu butuhkan adalah seseorang yang bisa mendengarkanmu. Sebenarnya enggak baik juga lho menyimpan unek-unek sendirian, karena suatu saat pasti perasaan itu bisa aja berubah kayak time bomb. Ujung-ujungnya meledak tanpa bisa dikendalikan dan bisa menyakiti kamu sendiri. Enggak mau kan hal itu terjadi? Yuk, cari teman yang bisa kamu percaya untuk diajak curhat!

Jangan buat kesimpulan sendiri

Walaupun merasa pemikiran kamu itu benar dan punya beragam bukti-kalau orang tua kamu selingkuh, akan lebih baik jika enggak perlu memikirkan hal itu terus-menerus ya. Yang ada nantinya kamu hanya membuat kesimpulan sendiri, tanpa mengetahui keseluruhan cerita. Biarkan permasalahan hubungan orang tuamu ini menjadi tanggung jawab mereka, coba deh untuk memberikan kedua orang tuamu ruang untuk bisa menyelesaikan masalah ini. Tujuannya sih biar kamu enggak terlalu terjun terlalu dalam di sebuah permasalahan yang belum tentu kebenarannya, bisa aja kan ini hanya asumsimu saja.

Pertahankan hubungan baik

Walaupun saat ini hubungan keluarga kamu lagi kurang harmonis, penting banget nih untuk kamu tetap mengingat dan mempertahankan hubungan baik bersama orang tuamu ya. Sesederhana seperti mengingat  kenangan-kenangan indah ketika bersama mereka. Walaupun orang tua kamu melakukan kesalahan atau tidak, usahakan untuk tidak menyimpan dendamatau mungkin melukai perasaan mereka. Penting sekali untuk kamu tetap menjaga relasi antara anak dan orang tua.

Ajak bicara orang tua

Mungkin langkah yang satu ini terkadang cukup menakutkan. Namun, enggak ada salahnya lho untuk mengajak orang tua kamu bicara, tujuannya sih biar mereka juga mengetahui perasaanmu yang sebenarnya. Ini juga bisa membantu orang tua kamu dalam memutuskan setiap langkah yang akan mereka putuskan.

Gagal satu hal bukan akhir segalanya

Mungkin selalu ada perasaan dimana kamu menganggap kalau keluargamu berubah, tidak sebaik dulu atau bahkan ada perasaan malu dengan keputusan yang ada. Namun, gagal akan satu hal dalam hidup bukan berati kamu adalah seseorang yang gagal lho! Masalah itu akan selalu ada. Tapi ingat ya, satu masalah dalam hidup, bukan berarti semua hal lain dalam hidup kamu pun buruk dan selalu berakhir gagal. Kamu masih bisa memperjuangkan hal-hal lain bisa ke arah yang lebih baik.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan gimana caranya menghadapi orang tua yang selingkuh. Yang perlu kamu ingat itu, enggak ada satu pun orang tua yang mau melihat anaknya terluka dan bahkan merasa terpuruk. Yuk, sayangi orang tua kamu bagaimana pun keadaaanya!


Tanggapan mereka