Kata Bunda

#CERITACHLOE : Rasanya Ketemu Psikolog

Oleh Salsabila Ainurrohman

Trauma percintaan, masalah yang ngga kelar-kelar dalam keluarga, tekanan pekerjaan yang terlalu berat, berada dalam lingkaran pertemanan yang tidak sehat, tahukah kamu berbagai permasalahan pelik seperti ini bisa berdampak sama gangguan kesehatan mental? Dalam hal ini, psikolog berperan untuk mengarahkan kamu supaya bisa mengendalikan perasaan kamu, supaya kamu semakin kuat menghadapi berbagai rintangan kehidupan.

 

Tapi, ngga sedikit orang yang ragu untuk pergi ke psikolog karena ngga tau apa yang bakal mereka dapatkan di sana. Belum lagi sama stigma masyarakat yang ngga jarang melihat  psikolog itu sebagai tempat yang 'hanya' dikunjungi orang-orang gangguan jiwa. Well, ini keliru.

 

Emang segitu pentingnya ya ke psikolog? Gimana sih rasanya pergi ke psikolog? Apa aja tahapan-tahapan yang harus dilewatin?  Trus bakal dapet apa aja sih kalau ketemu psikolog itu?

 

Buat kamu yang penasaran tentang seperti apa sih rasanya pergi ke psikolog, iBunda bareng Chloe Larue punya jawabannya nih buat kamu. Chloe ini adalah seorang mahasiswi psikologi di salah satu universitas di Jakarta. Dulu saat usianya 14 tahun,  gadis keturunan Jawa-Prancis ini pernah mengalami depresi sampai melakukan self harm. Tapi akhirnya Chloe bisa melalui masa terberatnya dengan bantuan psikolog.

 

Nah, di video #CeritaChloe episode perdana ini, Chloe bakal cerita-cerita nih soal pengalamannya tentang apa-apa aja yang bakal kita dapatkan ketika pergi ke psikolog. Mau tau seperti apa keseruannya #CeritaChloe ? Yuk cekidot di video di bawah ini yaa.

 

 

 

See? Pergi ke psikolog itu ngga se-menyeramkan yang kamu bayangkan kok. Jadi, ngga ada salahnya mulai sekarang ketika kamu merasa ada yg keliru dengan mental kamu atau sekedar butuh ruang untuk konsultasi, segera temui psikolog yaa. Tapi perlu kamu tau juga nih kalo ke psikolog itu sama kaya ke dokter, cocok-cocok-an gitu, dan psikolog juga bukan 'mama peri' yang bisa mengobati luka batin seseorang sekejap mata. Jadi, perlu proses untuk bisa benar-benar klop, sampai akhirnya kamu bisa pelan-pelan kembali ke versi normal dari diri kamu. Yups, mentally healthy!

 

Masih ragu ketemu psikolog tapi butuh temen curhat? First step nya kamu bisa coba untuk curhat sama iBunda lho, Bunda siap hadir sebagai pendengar terbaik buat kamu. Yuk #beranibercerita bareng iBunda di www.ibunda.id atau LINE @ibunda.


Tanggapan mereka