Kata Bunda

Curhat Online Sebenarnya Berguna Gak Sih?

Oleh Ifandi Khainur Rahim

Makin kesini yang makin nge-trend ngga cuman game online, belanja online, sampai perang online, tapi curhat online juga lho.

 

Ayo.. siapa di sini yang langganan curhat sama Bunda di Ibunda.id? Platform curhat online kaya Ibunda.id ini udah ada banyak banget di Indonesia. Dan jangan salah, yang curhat juga jumlahnya ngga sedikit loh. Bejibun. Sayangnya nih, meskipun udah banyak banget nih yang mulai berani buat nyoba konsultasi ke psikolog gratis lewat curhat online, gak sedikit juga yang gak percaya kalo misalnya curhat online itu berguna buat penanganan kesehatan mental. Jadi sebenernya, curhat online itu efektif dan berguna ngga sih?

 

  1. Curhat online bisa hikin pelayanan kesehatan mental tidak terbatas ruang dan waktu

 

Kamu tahu gak sih kalo misalnya di tahun 2016, data dari BBC nunjukin kalo misalnya jumlah Psikolog di Indonesia itu dikit banget? Jumlah Psikolog di Indonesia itu ternyata cuman sekitar 1500an. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang ada 270an juta, pastinya jumlah psikolog yang segitu gak cukup untuk melayani masalah kesehatan mental orang Indonesia yang tumpeh-tumpeh jumlahnya. Belum lagi Psikolog ini biasanya terpusat di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Jogja, dsb.

 

Nah, untuk itu curhat online bisa jadi solusi pertama buat orang-orang yang gak bisa menjangkau psikolog di daerahnya, dan jadi solusi juga buat mereka yang emang mager keluar atau bahkan malu untuk pergi ke psikolog langsung.

 

  1.  Curhat online bisa bikin Psikolog bekerja 5x lipat lebih efisien!

 

Waktu itu salah satu crew Ibunda sempet iseng ngewawancara beberapa Psikolog. Ternyata dibandingkan praktik konseling langsung, kalo psikolog melayani klien lewat chat/text, mereka tuh bisa nanganin 5 klien sekaligus dalam satu waktu konseling. Keren gak tuh? Jadi, dari hanya satu klien yang biasanya ditangani dalam sekali waktu konseling, jumlahnya bisa berubah menjadi lima dengan inovasi curhat online ini.

 

Tentu ini bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja psikolog jadi 5 kali lipat. Kalo tadi dibilang psikolog itu ada 1500an, maka dari 1500 klien yang biasa ditangani setiap jamnya, sekarang mereka sudah bisa menangani 1500x5 klien setiap jamnya, atau setara dengan 7500 klien kalau semua pakai curhat online.

 

  1. Curhat online bisa bikin klien lebih terbuka

 

Karena curhat online gak memerlukan tatap muka langsung, ini akan membuat klien lebih terbuka dengan masalahnya. Nah, kalau melansir dari The Guardian nih, ini dinamakan disinhibition effect, yaitu ketika orang lebih nyaman membuka diri dan mendiskusikan masalah di dunia maya dibandingkan di dunia nyata.

 

Nah, itulah dia tadi beberapa kelebihan dari curhat online. Meskipun emang punya banyak kelebihan, gak dapat dipungkiri ada beberapa kelemahan juga dari curhat online. Pertama, riset yang masih terbatas. Karena curhat online adalah layanan yang baru muncul di “zaman now”, riset tentang curhat online pun masih terbatas, beda sama konseling tatap muka. Karena risetnya yang masih sedikit, psikolog perlu untuk banyak bereksperimen dalam menanggapi klien dalam curhat online, karena efektivitas dari interaksinya belum teruji berdasarkan banyak riset.

 

Kedua, sama halnya kaya konseling tatap muka, klien perlu untuk pilih-pilih psikolog yang cocok. Mulai dari cara psikolog menangani klien, usia psikolog, gender, dan banyak hal lagi. Preferensi seperti ini juga berlaku di curhat online. Yang doyan nulis, ya dia pasti lebih nyaman curhat di website dengan menulis panjang lebar dan detil masalah yang dialami, tapi ada juga yang sebaliknya karena lebih suka ketemu tatap muka langsung.

 

Apa pun itu pilihannya, yang pasti Ibunda bakal selalu ada jadi pendengar setia buat  kamu, dan tentunya bakal terus berinovasi dan mengembangkan layanan curhat online seiring waktu. Bunda pun sekarang lagi mengembangkan beberapa layanan dan produk baru selain curhat online lho, tentunya untuk membuat pengalaman kamu bersama bunda jadi lebih nyaman. Tunggu aja ya! Buat yang mau coba curhat sama Bunda, yuk langsung curhat aja di www.ibunda.id. Bunda siap jadi personal conselor kamu, di mana aja kapan aja.


Tanggapan mereka