Pertemanan

Diadu Domba Sahabat Sendiri, Harus Gimana?

Oleh Yonathan

 Di antara (sangat) banyak orang yang pernah kamu temui dan kamu kenal, kemungkinan besar salah satu dari mereka adalah sahabat kamu. Seseorang yang kamu bisa percayai, melakukan segala aktifitas bersama-sama, berbagi semua cerita, dan lain-lain. Tapi pernah gak sih kamu di adu domba dengan sahabat kamu sendiri?

Yang seharusnya menjadi salah satu sekutu terbesar kita malah berbalik melawan kita. Duh, pasti pusing kan kalau sudah begitu.  But worry not, my luvs! Bunda sudah membicarakan Psikolog Felicia Ilona dari Personal Growth untuk membahas masalah ini, sehingga kelak jika masalah seperti ini menimpa, kamu tahu cara menghadapinya.

 Pastikan dulu Kebenarannya

Sebelum marah-marah, ada baiknya kalau kamu mencari tahu apakah hal tersebut benar-benar terjadi atau tidak. Jangan sumbu pendek dulu, malu kan kalau ternyata marah sama orang yang salah, atau ternyata kamu hanya salah persepsi. Bisa saja sahabat kamu tidak membalas pesan kamu karena ternyata sedang menyiapkan surprise untukmu atau memang sedang sibuk dengan aktifitasnya.

 Klarifikasikan langsung dengan pelaku

Daripada kamu menuduh pelaku tanpa bukti yang kuat, mending kamu klarifikasikan dulu deh secara langsung dengan orang yang terlibat. Kan tengsin juga kalau ternyata apa yang kamu tuduhkan kepadanya tidak sepenuhnya atau ternyata sama sekali tidak benar.

 Jangan Lupa untuk Berbaikan dengan Sahabatmu

When all things has been said and done, jangan lupa untuk berbaikan kembali ya dengan sahabatmu! Dalam semua hubungan, baik dalam percintaan, pertemenan, ataupun yang lain, pasti ada naik dan turunnya. Tapi setelah semua itu berakhir, jangan dipendam lagi ya kekesalan dan kekecewaanmu. Lebih baik diselesaikan semua masalahnya, jangan malah menjauh. Susah bukan cari sahabat yang mengerti? 

 Jadi teman-teman Ibunda, setiap keadaan dan hubungan itu seperti roda, gak bakal selamanya kita senang, tapi gak bakal selamanya juga kita sedih atau bergumul. Jika ada satu hal yang harus, jangan lupa untuk mengambil pembelajaran dari semua itu! Jika kamu mempunyai masalah dan tidak tahu harus dibicarakan kepada siapa, kamu bisa ngobrol atau curhat sama Bunda loh melalui LINE @ibunda ataupun website ibunda.id!

 


Tanggapan mereka