Percintaan

Efek Buruk Memendam Perasaan Suka

Oleh Fx Dimas

Kadang perasaan suka itu enggak mudah untuk diungkapkan lho. Setiap orang pasti punya alasan tersendiri kenapa dia tidak bisa mengungkapkan perasaan dengan sejujurnya. Seperti tidak ingin hubungannya rusak ketika sudah mengungkapkan perasaannya, hanya ingin menggagumi dari jauh, atau bahkan si dia udah punya pacar jadi kamu tetap memendam perasaan suka itu. Sebelum kamu lebih lama memendam sebuah perasaan suka, kali ini psikolog Felicia Nainggolan dari Personal Growth akan memberitahu kamu efek buruknya.  Yuk cari tau efek buruk dari memendam perasaan suka kamu ke orang lain!

 

Menyakiti diri sendiri secara terus menerus

Namanya rasa suka itu harus diungkapkan. Kalau enggak gimana dong caranya si dia bisa tau? Semakin lama perasaan kamu itu tidak diungkapkan, itu sama saja dengan menyakiti diri sendiri lho karena kamu tidak bisa jujur. Apalagi kalau kamu harus terus-menerus berbohong, berpura-pura cuek dan tidak peduli dengan perasaan suka itu sehingga kamu terbiasa mengontrol perilaku ini agar tidak ketahuan. Kalau begini terus, yakin kamu akan sanggup?

 

Dihantui rasa cemas dan penasaran

Pernah gak sih kamu berpikir kalau perasaan yang terus dipendam itu justru membuat kamu selalu merasa dihantui lho. Semakin kamu bungkam ada banyak perasaan yang mengganjal di dalam hatimu. Kamu akan terus menerus terbayangi rasa bersalah karena tidak berkata jujur, selalu ada perasaan salah sangka,takut salah bertindak karena bisa membuat hubungan retak, merasa takut ketahuan kalau kamu menaruh rasa suka ke si dia. Selain itu kamu juga punya perasaan takut kalau ada orang lain mendekati si dia, belum lagi dihantui rasa penasaran tentang “apakah gebetanmu suka juga atau tidak dengan kamu?”

 

Peluang untuk menjadi pasangan sangat kecil

Kalau kamu terus-menerus takut untuk mengungkapkan perasaan suka, gimana kamu bisa berpeluang untuk menjadi pasangan dia? Kalau kamu berani mengungkapkan perasaanmu sendiri, paling tidak kamu punya peluang untuk menjalani relasi lebih lanjut sama gebetan kamu, meskipun hanya 1%. Namun masih tetap ada peluang bagus untuk kamu nih dan akan terus berkembang. Berbeda halnya kalau kamu tidak berani, mana ada peluang? Belum lagi pasti kamu akan merasa sedih ketika melihat si dia dekat atau bahkan jadian sama orang lain. Kamu enggak mau hal buruk ini terjadi bukan?

 

Nah, itu beberapa efek buruk saat kamu terus-menerus memendam perasaan suka. Ternyata hal ini tidak bisa dianggap sepele lho, semakin ditahan dan tidak dikeluarkan ada efek buruknya untuk kamu. Untuk kamu yang merasa kebingungan harus berbuat apa atau butuh bantuan buat menyatakan cinta, kamu bisa lho curhat sama Bunda. Langsung curhatkan semuanya sama Bunda di website www.ibunda.id atau LINE di @Ibunda.


Tanggapan mereka