Percintaan

Emang Salah Pacaran sama Si "Om"?

Oleh Fx Dimas

Siapa sih yang bisa mengendalikan hati jika udah jatuh cinta sama orang? Perasaan jatuh cinta kadang enggak bisa di prediksi akan kemana kamu akan jatuh cinta. Bisa dengan orang yang lebih muda, seumuran atau bahkan orang yang lebih tua daripada kamu. Mencintai orang yang lebih tua enggak ada salahnya juga lho, tapi ada beberapa syarat nih yang harus kamu sadari betul. Kira-kira apa aja ya? Kali ini psikolog Felicia Nainggolan dari Personal Growth akan memberikan penjelasan ketika kamu jatuh cinta atau pacaran dengan orang yang lebih tua.

 

Lihat usiamu sekarang

Ketika ingin memutuskan berpacaran dengan orang yang lebih dewasa, coba deh untuk melihat terlebih dahulu usia kamu sekarang. Setidaknya usia kamu saat ini sudah 21 tahun, sehingga kamu sudah cukup matang. Matang secara fisik, emosional, dan pemikiran. Kamu juga mampu membedakan mana yang bisa dikatakan suka, cinta atau kamu sekedar mencari sosok ayah. Selain itu, kamu juga harus paham lho dengan konsekuensi yang ada jika berpacaran sama si “om”.

 

Pastikan pasanganmu masih single

Namanya juga cinta, kadang kamu enggak bisa memilih harus jatuh cinta dengan siapa. Perasaan itu mengalir begitu saja hingga kamu menaruh perasaan ke sosok yang lebih tua. Sebenarnya itu wajar lho, enggak ada salahnya kamu berpacaran dengan orang yang lebih tua. Tapi yang harus kamu pastikan pasanganmu harus masih single. Kalaupun si dia sudah punya anak, kamu juga perlu membangun relasi yang baik dengan anaknya ya.

 

Pastikan pasanganmu bukan "playboy"

Bukan hanya yang muda aja nih yang harus kamu pastikan, tapi si dia yang sudah berumur juga perlu dipastikan. Dipastikan kalau dia bukan seorang playboy. Ini dikarenakan tentu akan ada kemungkinan dia terus mencari lagi dan lagi pasangan yang lebih muda, lebih cantik dan lebih sempurna sesuai dengan yang dirinya inginkan. Kamu enggak mau kan kalau hal ini terjadi?

 

Pastikan pasanganmu sehat mentalnya

Pastikan kalau dia tertarik padamu for who you are, bukan karena ada ketertarikan lainnya. Beberapa hal yang bisa kamu perhatikan seperti pasangan kamu tidak mengajak atau memintamu melakukan hal-hal yang tidak wajar, hubungan kalian ini tidak merugikan kamu dari segi apapun, contohnya: apakah pasangan kamu sering meminjam uang? Lalu berikutnya pastikan juga pasanganmu tidak melihat kamu dengan “genit” atau hanya karena nafsu belaka.

 

Jalin komunikasi terbuka

Dengan perbedaan usia yang jauh pasti memungkinkan ada banyak perbedaan di antara kalian. Untuk itu nih ada banyak hal yang harus dilatih, salah satunya komunikasi yang asertif. Beritahu juga apa yang kamu sukai atau tidak, apa yang kamu inginkan atau tidak. Kamu dan dia perlu berdiskusi bersama, begitupun sebaliknya ya.

 

Nah, itu beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum berpacaran dengan orang yang lebih tua ya. Anggap saja itu sebagai acuan kamu ketika sudah ada tanda-tanda akan jatuh dengan si dia yang lebih tua. Untuk kamu yang masih merasa bingung tentang perasaanmu sendiri, kamu bisa lho curhat sama Bunda. Yuk, curhat langsung di www.ibunda.id atau LINE @Ibunda.


Tanggapan mereka