Kata Bunda

Hapus Stigma dan Mitos HIV/Aids

Oleh Salsabila Ainurrohman

Saat ini, di Indonesia ada sekitar 640.000 orang yang mengidap HIV, dan hanya 47% di antaranya yang menyadari bahwa dirinya punya HIV. Dari angka tersebut, bahkan hanya 15% nya saja yang melakukan terapi pengobatan (sumber: AHF Indonesia). Angka ini, bukan tidak mungkin akan terus bertambah jika kita tidak berusaha untuk mencegahnya.

 

Dan lagi, orang dengan HIV Aids atau ODHA mengalami proses terapi yang tidak mudah, terutama melawan stigma masyarakat yang kuat dan negatif tentang ODHA.

 

Tentu bukan perkara mudah bagi ODHA, ketika fisiknya semakin melemah karena harus bersikeras untuk melawan HIV, lingkungan sosial yang kurang suportif bahkan cenderung mengucilkan (karena stigma) membuat mental ODHA pun rentan depresi. Kunci utama untuk menghilangkan stigma ini tentu adalah dengan menyebarkan seluas-luasnya tentang edukasi HIV Aids, seperti apa pencegahannya, dan bagaimana seharusnya orang-orang di sekitar memperlakukan ODHA.

 

Jadi, fakta atau mitos kalau virus HIV bisa menular hanya dengan sentuhan atau bahkan ciuman? Benarkah ODHA kesulitan bersosialisasi karena diskriminasi? Benarkah HIV/Aids pasti hanya dimiliki sama orang-orang dengan gaya hidup bebas dan menggunakan narkoba saja?

 

Menjawab fakta vs mitos HIVAids di atas, iBunda.id bekerja sama dengan yayasan Kotex Mandiri (yayasan kelompok dukungan sebaya untuk ODHA) dan Lentera Anak Pelangi (komunitas pendampingan anak yang terdampak HIV dan AIDS di DKI Jakarta) dengan tujuan membantu menyebarkan edukasi tentang HIV/Aids, dan tentunya menghentikan stigma negatif yang banyak ditujukan untuk ODHA. 

 



 

Jadi, kini saatnya hapus stigma negatif pada ODHA. Mereka sudah cukup berjuang dengan sakit yang mereka hadapi, tugas kita adalah dukung mereka dengan tidak mengucilkan ODHA, bantu mereka untuk mendapatkan kembali semangat hidup dan sehat secara mental, dan jangan lupa sebarkan pengetahuan tentang kebenaran mitos yang selama ini beredar.

 

Jika kamu adalah ODHA dan ingin menceritakan kisah kamu, kamu bisa curhat ke iBunda di www.ibunda.id atau LINE @Ibunda. Bunda siap jadi personal conselor untuk kamu, di mana pun, kapan pun. Yuk #BeraniBercerita.


Tanggapan mereka