Keluarga

Harus Gimana Ketika Orang Tua Bertengkar?

Oleh Salsabila Ainurrohman

Pernah ngga sih kamu berada di situasi canggung dan ngga nyaman gara-gara orang tua bertengkar? Pasti bingung ya mesti ngelakuin apa? Mau diem aja, kesannya ngga peduli. Mau melerai, nanti dibilangnya ikut campur. Trus, kudu piye?

 

Namanya rumah tangga, pasti ada kalanya suami dan istri berselisih paham. Jangankan udah nikah, masih pacaran aja suka adaa aja hal yang diberantemin. Bedanya, kalau udah nikah ada satu lagi yang berperan dalam pertengkaran dua sejoli. Yup, anak.

 

Seringkali suami dan istri bertengkar ngga tau tempat, bahkan di depan anak-anaknya. Dan si anak ini seringkali berada di posisi bingung-mesti-gimana karena pertengkaran dua orang dewasa yang dia cintai itu. Nah, ketika orang tua bertengkar, ada beberapa saran nih yang bisa kamu lakukan sebagai anak.

 

  • Sebaiknya Jangan Menyela Pertengkaran 

 

Terkadang, ada masalah di antara orang tua yang mungkin sebaiknya tidak kamu ketahui. Untuk itu, biarkan kedua orang tua kamu menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri, dan tidak perlu mencampuri urusan mereka. Gimana kalau ternyata kamu malah membuat suasana makin runyam kalau kamu ikut campur? Kalau kamu merasa terganggu dengan pertengkaran mereka, kamu bisa pergi ke kamarmu atau ke tempat lain. Kecuali kalau salah satu di antara orang tua kamu mulai menunjukkan kekerasan fisik, jangan tinggal diam. Segera lah minta bantuan orang lain untuk melerai.   

 

  • Komunikasikan Apa yang Kamu Rasakan

 

Di tempat terpisah, coba komunikasikan apa yang kamu rasakan ke kedua orang tua kamu. Misalnya, kamu bisa cerita ke ibu kamu tentang apa yang kamu rasakan saat mereka bertengkar, lalu di tempat lain, ajak juga ayah kamu bicara tentang ini. Jangan lupa, sampaikan harapan kamu ke mereka. Siapa tau dengan begini orang tua kamu bisa meredam ego mereka dan saling sayang-sayang-an lagi, kan?

 

  • Bersikap Netral

 

Sama orang tua itu bukan masalah ‘pilih aku, atau dia’, ayah dan ibu tentu sama-sama pentingnya buat setiap anak di dunia, Ketika ibu atau ayah kamu meminta kamu untuk memilih, tetaplah netral. Kamu harus mendukung keduanya.

 

  • Jangan Biarkan itu Mempengaruhi Kamu

 

Pertengkaran hebat orang tua, terkadang membekas dalam memori kita. Ngga jarang juga bisa meninggalkan trauma lho. Untuk itu, pastikan kalau pertengkaran orang tua kamu ngga mempengaruhi kehidupan kamu. Kamu boleh jadi pendukung dan pemberi saran buat orang tua kamu, tapi ingat, jangan sampai ini membuat kamu jadi stres dan malah membenci keluarga kamu sendiri yaa.

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika orang tua kamu bertengkar. Ngga perlu terlalu khawatir, orang tua bertengkar itu udah biasa kok. Setiap rumah tangga pasti punya lika liku versinya sendiri-sendiri. Jangan lupa juga doakan kedua orang tua kamu supaya mereka terus langgeng dan bisa masalah yang mereka lalui bisa segera selesai yaa.

 

Buat kamu yang butuh temen curhat tentang masalah-masalah di keluarga kamu, atau masalah lainnya, kamu bisa lho curhat ke Ibunda di www.ibunda.id. Bisa juga lewat chat LINE di @Ibunda, atau curhat calll bersama psikolog ibunda. Yuk #BeraniBercerita!


Tanggapan mereka