Masalah Diri

Hilangkan kebiasaan Susah Fokus

Oleh Ibunda Official

Cari tahu penyebab kehilangan fokus kamu

Ada orang yang bisa hilang fokus ketika lapar, atau malah ketika terlalu banyak makan. Ada yang hilang fokus ketika kurang pekerjaan, atau terlalu banyak pekerjaan. Kalau kamu sudah tahu penyebab kehilangan fokus kamu, kamu bisa mencari solusinya.

Organize

Atur hidup kamu, baik fisik maupun mental. Kurangi pikiran-pikiran negatif, cari tujuan yang ingin kamu capai, hapus hal-hal yang menganggu dari pikiran kamu. Untuk fisik, jaga makan, buat badanmu jadi lebih sehat, dress better, bereskan kamarmu. Atau kamu penganut Einstein-ism? Kalau meja yang berantakan artinya pikiran kamu berantakan, kalau meja kosong artinya pikiran kamu kosong?

Tetapkan tujuan

Punya tujuan bisa membuat kamu jadi fokus. Analoginya, kalau kamu ingin ke satu tempat, kamu mulai berpikir untuk mencari rute tercepat ke tujuan kamu, dan apakah ada macet di daerah yang akan kamu lewati. Begitu juga hidup, punya tujuan membuat kamu mulai memikirkan rute mencapai tujuan hidup kamu.

Tetapkan prioritas

Kalau kamu punya target menyelesaikan satu cerpen dalam satu bulan, ikuti target itu. Yang lain bisa menunggu. Hangout rutin dengan teman? Lewat. Tiba-tiba ingin makan fast food? Delivery. Mungkin dalam jangka pendek akan terasa melelahkan, tapi kedepannya akan menuai manfaat.

Istirahat

Ada hubungannya dengan prioritas, dan prioritas utama kamu adalah kesehatan mental dan fisik kamu. Kalau sampai terlalu lelah, yang ada malah sakit, dan meleset dari target. Kamu harus tahu kapan harus menyerang dan bertahan, disitu seni nya hidup.  


Tanggapan mereka