A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: meta_image_webinar

Filename: views/header.php

Line Number: 33

">
Masalah Diri

Ini Tubuh Kamu, Bukan Tubuh Mereka

Oleh Fx Dimas

Hayo jujur, siapa nih yang suka malu atau minder ketika ada yang komentar dengan tubuh kamu? Komentar-komentar seperti,  “Lo keliatan gemuk deh akhir-akhir ini” atau “Itu pipi atau bakpau?” Beberapa komentar itu pasti sering kamu dengar. Padahal hanya dengan ucapan itu saja bisa membuat kamu jadi ingin terlihat tampil lebih menarik dengan berbagai cara hingga melakukan tindakan ekstrem.

Yang jadi permasalahan itu sejauh apa kadar yang menarik dan tidak menarik itu? Padahal setiap orang pasti memiliki reaksi yang berbeda ketika melihat sesuatu. Apa yang terlihat tidak menarik untuk kamu, belum tentu untuk orang lain. Lalu sebenarnya apa ya yang harus kamu lakukan untuk tidak terlalu mendengarkan komentar orang lain mengenai tubuhmu? Kali ini psikolog Tara de Thouars akan memberikan tips agar kamu bisa lebih menghargai tubuhmu sendiri.

 

Jangan jadikan standar sosial sebagai acuan

Semua hal yang terlihat di sebuah media, mulai dari televisi, media cetak, media sosial bisa membentuk standar sosial yang bagus atau jelek dan baik atau buruk. Sehingga kamu pun terbawa dan membentuk standar sosial sendiri sehingga selalu membandingkan diri kamu dengan standar yang ada. Padahal apa yang tertampilkan di semua media, mulai dari media cetak atau media lainnnya memang dikondisikan bagus, lebih terlihat sempurna, namun tidak mencerminkan kehidupan yang sesungguhnya di dunia nyata. Jadi, kalau kamu menjadikan semua itu sebagai tolak ukur atau standar sosial yang ada berarti kamu tidak adil dengan dirimu sendiri. Ingat bahwa setiap orang yang sempurna pasti memiliki sisi lain yang tentunya ada kekurangan. Untuk itu berbanggalah dengan keadaanmu saat ini, terlebih tubuh kamu sendiri.

 

Tidak perlu terlalu mendengar komentar orang

Siapa nih yang pernah dibully atau diejek? Biasanya orang yang sering menerima perlakuaan seperti ini menjadi kurang percaya diri lho. Padahal orang yang mengejek biasanya termasuk orang yang tentunya memiliki kekurangan. Bukan berarti mereka lebih dari kamu lho, justru mereka menutupi kekurangan mereka dengan merendahkan orang lain. Lagipula, orang yang mengejek biasanya orang yang biasanya tidak terlalu dekat dan pasti tidak mengerti seberapa spesialnya dirimu. Maka dari itu coba deh untuk tidak terlalu mendengarkan komentar-komentar mereka, apalagi kalau hal itu negatif.

 

Cara memandang tubuh kamu mempengaruhi harga dirimu

Kalau kamu melihat dirimu oke, maka harga dirimu akan terlihat naik. Begitu pula sebaliknya kalau kamu sendiri melihat dirimu tidak sempurna, maka harga dirimu akan menurun. Ingat bahwa yang namanya kelebihan tidak hanya dari segi fisik aja lho, tetapi ada banyak hal. Mulai dari kepribadian atau sifat kamu, kemampuan, pencapaian dan lain sebagainya. Yuk, mulai sadari apa yang menjadi kelebihan kamu sekarang. Jangan terlalu fokus dengan kondisi tubuh kamu, tetapi bagi perhatian kamu ke hal-hal di luar itu. Karena jika kamu hanya fokus pada tubuh kamu, nanti yang ada jadi terobsesi sendiri lho.  Ada baiknya nih untuk kamu mengubah semua pandangan terhadap tubuhmu karena itu akan mempengaruhi harga dirimu secara tidak langsung.

 

Nah, itu beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar lebih percaya diri. Ingat ini tubuh kamu, bukan tubuh mereka. Untuk kamu yang masih kurang percaya diri, mengganggap diri kamu kurang sempurna dan bahkan suka membandingkan kondisi diri kamu dengan orang lain bisa lho curhat sama Bunda. Curhatkan semua permasalahanmu karena kamu tidak sendiri. Untuk curhat kamu bisa langsung ke www.ibunda.id atau LINE di @Ibunda.


Tanggapan mereka