Masalah Diri

Inilah Dampak Negatif Mengikuti Akun Gosip

Oleh Yonathan

 

Dulu kita harus menonton infotainment agar bisa tahu gosip terbaru yang sedang beredar. Sekarang kita tidak perlu repot-repot lagi duduk di depan TV karena akses untuk gosip sudah jauh lebih praktis. Cukup mengikuti berbagai jenis akun gosip di sosial media dan voila, terpenuhilah kebutuhan gosip kita. Bahkan tidak jarang akun gosip tersebut mendahului kecepatan stasiun TV dalam update kabar terbaru.

Pada awalnya bunda juga suka mengikuti akun gosip tersebut, lumayan kan ada bahan gosip dengan tetangga. Tapi setelah kemarin berbincang dengan Psikolog Felicia Nainggolan dari Personal Growth, ternyata hal ini mempunyai dampak-dampak yang kurang baik!

Ini hal-hal yang bunda pelajari setelah perbincangan kemarin:

 Kita Jadi Terlalu Sibuk Menghakimi

Dengan mem-follow akun gosip, tanpa sabar kita menjadi terbiasa menghakimi dan menilai apa yang dilakukan orang lain. Hal ini membuat kita merasa lebih benar atau lebih baik daripada orang lain, padahal seharusnya kita instrospeksi diri dulu!

 Banyak Waktu yang Terbuang

Sadar gak sih kalau kita lagi membaca gosip, waktu jadi berlalu sangat cepat. Ironisnya, waktu tersebut bukannya kita habiskan untuk sesuatu yang bermanfaat, tetapi malah untuk memperhatikan hidup orang lain. Padahal, waktu yang kita habiskan bisa digunakan untuk sesuatu yang lebih produktif, misalnya memaca atau menonton sesuatu yang sesuai dengan minat kita.

 Sulit Menerima Diri Sendiri

Seseorang yang menjadi bahan gosip pasti adalah seorang publik figur yang terkesan lebih “wah”. Secara tidak langsung, kita menjadi terobsesi dengan kehidupan mereka dan terus membandingkan hidup kita sendiri dengan hidup mereka. Hal ini bisa membuat kita sulit untuk menerima keadaan sendiri dan berusaha untuk meniru penampilan atau perilaku mereka. Padahal, setiap orang mempunyai kelebihan dan keterbatasannya masing-masing.

 Wah, ternyata diam-diam mengikuti akun gosip banyak negatifnya juga ya guys. Meski begitu, mengikuti gosip terbaru tidak ada salahnya kok, asal kita sadar akan resikonya. Apapun yang terlalu banyak tidak pernah baik! Sudah yaa, bunda mau baca gosip lagi, hihi. Bunda sayang kamu! laughing

 

 


Tanggapan mereka