Keluarga

Jangan Jadi Orang Tua Sebelum Kenal

Oleh Sely Ananda

Kepengen nikah? Udah mikirin bakal punya anak belum? Tanggung jawab punya anak itu besar lho, bukan Cuma kebutuhan mereka secara materi aja yang harus kamu penuhi tapi juga kebutuhan secara psikis.

Buat kamu yang udah mau jadi orang tua, udah tau belum apa itu “Golden Age” ? Golden Age atau masa keemasan adalah masa terpenting dalam kehidupan setiap anak.

Golden age dimulai sejak anak berumur 0-2 tahun, di masa ini otak anak berkembang sebanyak 80% yang tentunya menentukan bagaimana mereka di masa depan. Penting banget kan masa golden age ini! Makanya harus dimanfaatkan ya.

Sekarang udah tau kan kalau golden age itu penting banget untuk perkembangan anak-anak hingga mereka dewasa, terus gimana sih biar masa golden age ini gak sia-sia atau terlewat begitu aja?

1. Kasih sayang

Kasih sayang jadi satu hal penting dalam masa golden age, menunjukkan kasih sayang lewat perilaku atau nada bicara bisa buat hubungan antara anak dan orang tuanya semakin dekat lho.

2. Dukung rasa ingin tau nya

Anak-anak penuh dengan rasa ingin tau, karena itulah gak bijak rasanya kalau kamu membatasi rasa keingintahuan mereka dan gak memberikan mereka ruang untuk bisa belajar dari pengalaman.

3. Hindari kalimat negative

Kalimat-kalimat negative yang kamu ucapkan, secara tidak langsung akan terekam di memori mereka lho. Meskipun kamu tidak menunjukkan kalimat negatif itu ke mereka, tapi anak-anak suka meniru orang dewasa di sekitar mereka. Mulai jaga sikap ya.

Itu dia hal yang harus kamu tau supaya nantinya Golden Age anak-anak kamu gak kelewat gitu aja


Tanggapan mereka