Percintaan

Kasih Kesempatan Kedua? Kenapa Enggak?

Oleh Fx Dimas

Masalah di dalam sebuah hubungan percintaan itu sebenernya wajar sih. Hubungan percintaan kamu belum tentu selamanya berjalan mulus, pasti ada aja masalah yang sewaktu-waktu menguji kamu dan si Dia. Kalian hanya tinggal bertahan dan menyelesaikannya atau menyerah tanpa memecahkan masalah itu.

Tapi gimana dong kalau udah mulai masuk ke masalah perselingkuhan? Kalau masalahnya udah mulai serius kayak gini, kamu harus memikirkannya berulang kali ya. Kamu hanya tinggal memutuskan kelanjutan antara kamu dan si Dia. Sebenernya sih ada dua pilihan yang bisa kamu ambil yaitu melepaskannya dan berarti hubungan kalian berakhir atau memberikan si Dia sebuah kesempatan kedua. Keputusan ini benar-benar ada di tanganmu.

Mungkin kamu ada yang bertanya-tanya kenapa sih ada orang yang udah diselingkuhin sama pacarnya tapi masih memberikannya kesempatan kedua? Ingat enggak sih kalau kita selalu diajarkan untuk memaafkan seseorang apapun masalahnya, tapi kalau udah urusan perselingkuhan dan kamu ingin memberikan ‘kesempatan kedua’ itu sih sebuah pilihan. Seperti yang dilakukannya pasangan viral antara Rachel Vennya dengan Okin, ia memberikan sebuah kesempatan kedua kepada pasangannya itu menandakan Rachel sudah mencoba ikhlas dengan masalah yang terjadi di dalam hubungannya. Kita bisa belajar dari perjalanan hidup mereka lho, salah satunya belajar memberikan kesempatan kedua. Sebenarnya ada beberapa alasan seseorang memberikan kesempatan kedua untuk pasangannya seperti:

1. Ingin merasa lebih tenang

Setiap orang pasti membutuhkan ketenangan, jika itu terpenuhi pasti ia akan merasa bahagia. Itu juga lho yang diinginkan orang-orang yang mencoba memberikan sebuah kesempatan kedua untuk pasangannya.

Menjadi seorang pemaaf dan mencoba memaafkan si Dia yang pernah berbuat masalah bisa membuat kamu tampak lebih bahagia. Perasaan tenang ini bisa muncul dikarenakan kamu udah mengikhlaskan masalah yang terjadi antara kamu dengan dia.  Anggap aja ini salah satu krikil di dalam hubungan kalian. Memberikan kesempatan kedua ke orang lain termasuk ke si Dia itu enggak ada salahnya lho. Apalagi kalau dia udah benar-benar minta maaf ke kamu, masa kamu tega sama sekali enggak memberikan kesempatan untuknya.

2. Percaya dia akan berubah

Salah satu alasan seseorang memberikan kesempatan kedua karena masih percaya kalau pasangannya akan berubah dan ingin tetap berjuang demi hubungan mereka. Meskipun pasangan kamu ini tipikal orang yang keras kepala, enggak ada yang gak mungkin kan kalau dia akan berubah? Pasangan kamu tentunya akan berusaha untuk tidak membuatmu kecewa untuk kedua kalinya, apalagi kamu sudah benar-benar ikhlas memberikan peluang satu lagi untuk dirinya.

Oh iya, satu lagi nih coba deh untuk tidak melepaskannya begitu saja ketika kamu sudah memberikan kesempatan kedua untuk si Dia. Ajarkan dia juga untuk lebih bertanggung jawab dengan kesempatan kedua yang telah kamu berikan ya.

3. Sebagai bentuk pendewasaan dalam hubungan

Sebenernya kalau kamu beneran yakin memberikan kesempatan kedua ya kasih aja, ada kemungkinan kan kalau kesalahan yang telah diperbuatnya emang beneran khilaf dan tak ada unsur sengaja. Wajar aja namanya juga manusia, kadang suka melakukan kesalahan apalagi di dalam sebuah hubungan. Masalah dan kesalahan yang diperbuat sama si Dia itu termasuk ujian di dalam hubungan kalian lho. Sebuah kesempatan kedua juga bisa menjadi ujian untuk kamu, terutama sih ke si Dia. Pasangan kamu ini harus benar-benar menjaga kepercayaan kamu karena kamu sudah memberikannya satu kesempatan lagi.  Anggap aja permasalahan yang terjadi di dalam hubungan kamu ini sebagai bentuk pembelajaran untuk kalian. Kamu dan dia juga bisa sama-sama belajar untuk pendewasaan dalam sebuah hubungan kalian kan?


Tanggapan mereka