Masalah Diri

Kecanduan Gadget? Yuk, Cegah Dengan Ini!

Oleh Fx Dimas

Siapa nih yang dikit-dikit selalu pegang gadget? Padahal lagi ngumpul sama teman-teman, tapi kok masih aja pegang gadget. Di masa sekarang, gadget emang salah satu benda yang bisa memudahkan kegiatan sehari-hari. Tapi bukan berarti harus menjauhkan orang-orang yang sedang berada di sekitar kita ya. Kecanduan gadget sendiri bisa berpengaruh ke kesehatan fisik dan juga mental lho. Bahkan ada yang merasa lebih rela ketinggalan dompet daripada gadget pribadinya. Hmm kalau kamu sendiri lebih memilih ketinggalan yang mana nih di antara keduanya? Nah, bersama psikolog Veronica Adesla dari Personal Growth, kali ini kamu akan diberikan beberapa tips untuk mengurangi kecanduan gadget.

Perbanyak aktivitas sosialisasi “real”

Saat sudah mulai kecanduan berarti kehidupan kamu di dunia nyata mulai terpecah nih. Adakalanya kamu jadi justru asik dengan gadget dibanding orang-orang sekitarmu. Buat kamu yang udah kecanduan, enggak mau terus hidup bersama gadget dan meninggalkan kehidupan yang sesungguhnya? Untuk itu nih ada baiknya kamu bisa lebih aktif mengikuti berbagai kegiatan positif seperti ikut organisasi, bergabung dengan komunitas-komunitas sesuai minat kamu, hang out dengan teman-teman.

Memiliki peer group atau teman bermain yang sehat juga dapat membantu dalam mencegah kecanduan gadget. Perbanyaklah berinteraksi dan juga melakukan kegiatan yang positif bersama teman-teman seperti pergi jalan-jalan ke mall, menginap bersama, liburan, atau bahkan hanya duduk-duduk saja berkumpul dan mengobrol.

Jadi pribadi aktif dan produktif

Untuk mengurangi tangan kamu yang “gatel” untuk pegang gadget, coba deh untuk berubah menjadi pribadi yang aktif dan produktif. Enggak ada salahnya kok kamu melakukan berbagai hal yang bisa berkontribusi untuk membuat kamu selangkah lebih maju dari sebelumnya. Apalagi kalau kegiatan itu bisa membuat kamu semakin dekat dengan impianmu. Selain itu, coba deh pergunakan gadget untuk menyebarkan kebaikan dan hal-hal positif buat diri sendiri dan orang lain.

Buat komitmen

Memiliki sebuah komitmen sangat bagus dalam hal apapun, termasuk ketika kamu sudah mulai kecanduan gadget. Kamu perlu berkomitmen untuk dirimu sendiri. Buatlah sebuah aturan mengenai kapan waktu yang tepat untuk bermain gadget, berapa lama durasi yang wajar untuk masing-masing keperluan (misal: untuk sekedar lihat-lihat media sosial, nonton youtube, atau memang ada keperluan mencari informasi terkait tugas atau pekerjaan). Semua harus jelas peraturannya, tetapkan prioritasmu, dan disiplinkan diri kamu. Oh iya, intinya jangan lupa terhadap komitmen yang sudah kamu buat ya!


Tanggapan mereka