Keluarga

Kehilangan Anggota Keluarga

Oleh Ibunda Official

Kehilangan anggota keluarga mau tak mau pasti kamu rasakan, cepat atau lambat pasti akan ada anggota keluarga yang lebih dulu menghadap sang pengcipta. Kamu sedih, tapi jangan sampai kesedihan kamu merusak kinerja kamu sehari-hari. Nih tips mengurangi rasa sedih.

Hadapilah rasa kehilangan

Setelah mengalami kehilangan yang mendalam, kita kadang-kadang ingin melakukan sesuatu-apa saja-untuk menghilangkan kesedihan. Kamu tidak akan pernah benar-benar bisa pulih sampai Kamu berani menghadapi rasa kehilangan ini. Hadapilah kehilangan yang Kamu alami. Biarkan saja jika Kamu ingin menangis atau bersedih dengan cara lain yang terasa wajar. Kamu baru bisa mengatasi kesedihan setelah Kamu terlebih dahulu mengakui bahwa Kamu memang sedang merasa sedih.

Lepaskan kesedihan Kamu

Jangan pernah takut menangis, bahkan jika menangis bukanlah kebiasaan Kamu. Sadarilah bahwa tidak ada cara yang benar atau salah untuk merasa sedih atau mengungkapkannya. Yang penting Kamu mengenali kesedihan ini dan berusaha mengatasinya. 

Bagikan perasaan Kamu dengan orang lain

Jika Kamu tidak bisa menemukan seorang teman, kamulkan seseorang yang bisa berbagi kasih atau seorang imam, konselor, atau terapis. Bahkan jika Kamu sedang merasa kacau, bingung dan tidak menentu, berbicara kepada seseorang yang Kamu percayai adalah sebuah cara agar Kamu bisa membuang semua kesedihan yang Kamu rasakan dari dalam diri Kamu. 

Jangan menyesal

Setelah Kamu kehilangan seseorang, Kamu mungkin merasa bersalah. Jangan biarkan diri Kamu termakan oleh perasaan bersalah. Kamu tidak bisa mengubah masa lalu dengan terus menerus menyesalinya. Bukan salah Kamu jika Kamu harus kehilangan orang yang Kamu cintai. Daripada terus mempersoalkan apa yang sebenarnya bisa Kamu lakukan atau seharusnya sudah Kamu lakukan, fokuslah pada apa yang bisa Kamu lakukan-kendalikan emosi Kamu dan terus melangkah ke depan.


Tanggapan mereka