Masalah Diri

Kenalan Yuk! Sama ADD dan ADHD

Oleh Eky Yohana

Pernah dengar istilah ADHD atau Attention Deficit Hyperactifity Disorder dalam bahasa Indonesia biasa dikenal dengan Gangguan Pemusatan Perhatian Hiperaktifitas. Biasanya seseorang dengan ADHD kesulitan untuk mengendalikan aktivitasnya diberbagai situasi lho, nah kamu jangan heran kalau kamu punya teman yang sering kali melakukan aktivitas seperti berlari kemudian duduk dan berlari lagi atau tiba-tiba teman kamu mendorong kamu tanpa sebab dan alasan yang pasti mungkin saja teman kamu ADHD. Eiitts tapi jangan self diagnose yaa!

 

Selain ADHD ada juga istilah ADD atau Attention Deficit Disorder dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Gangguan Pemusatan Perhatian. Kok sama bun istilahnya sama ADHD ? Yap bener banget, tapi bedanya ADD itu tidak disertakan Hiperaktifitas namun sama-sama masuk Gangguan Pemusatan Perhatian.

 

Terus bedanya apa ya bun ? Nah kali ini Psikolog kita Monica Sulistiawati, M.Psi., Psikolog dari Personal Growth akan menjelaskan perbedaan dari ADD dan ADHD, yuk simak ya!



Tidak Bisa Diam VS Bisa Diam

 

Remaja dengan gangguan ADHD umumnya menampilkan perilaku fidgeting (gelisah) saat diminta duduk atau berdiri diam, sementara remaja dengan ADD mampu diam. Penjelasan perilaku fidgeting misalnya kaki bergoyang-goyang, tangan mengetuk-ketuk meja, tapping, dan lain sebagainya.



Komunikasi

 

Remaja dengan gangguan ADHD seringkali terlihat banyak bicara atau bicara terus menerus, tidak memberikan kesempatan orang lain untuk berbicara, atau menyelak saat orang lain sedang bicara. Sedangkan remaja dengan ADD justru seringkali kelihatan diam, kosong, tidak paham, tidak nyambung, atau tampak tidak mendengar saat diajak berbicara.

 

Perilaku Keseharian

 

Remaja dengan gangguan ADHD terlihat sangat aktif, terus menerus bergerak, dan terlihat heboh saat terlibat di dalam sebuah aktivitas atau permainan yang menyenangkan. Sementara remaja dengan ADD dapat menampilkan perilaku diam atau tenang di dalam aktivitas atau permainan.

 

Nah, sekarang udah tau kan bedanya ? Pada dasarnya memang sama-sama gangguan pemusatan perhatian. Jadi bila seseorang dengan ADHD biasanya memang akan berlebih energinya dan ADD tidak terlalu namun yang sering terlihat adalah seperti tidak fokus bahkan jika diajak bicara seperti tidak mendengarkan. Bila kamu merasa ada temanmu atau kamu ada di kondisi seperti ini tidak usah panik! Kamu bisa datang ke Psikolog atau Psikiater untuk mendapat penangan yang terbaik :). Kalau kamu mau sharing perihal cerita seputar pengalaman apapun bisa banget lho. Yuk cerita sama bunda di www.ibunda.id dan Line @ibunda. Curhat yuk sama Bunda, pasti Bunda cari solusinya! #SpeakUpYourLove with Ibunda


Tanggapan mereka