Pertemanan

Kenali 4 Manfaat Reuni Sambil Bukber

Oleh Salsabila Ainurrohman

Captain America: Bukber yuk ges

Iron Man: nga ah zibuk

Thor: ah sok sibuk lu, gue getok pake palu nih

Hulk: yaudah yuk besok. Badan gue jadi ijo lagi kalo lewat ramadan

Thor: besok ngga bisa 

Captain America: yaudah kapan

 

-lalu keburu lebaran-

 

 

Bulan suci Ramadan berarti saat-saat ketika hp ramai dengan ajakan buka bersama alias bukber. Dari mulai grup anak-anak kampus, temen SMA, SMP, SD, sampai temen ospek zaman TK, semua rame-rame ngajak reuni sambil bukber.

 

Nah, buat kamu yang mager pergi reuni sambil bukber, coba deh pertimbangin lagi. Ternyata, nggak hanya bermanfaat buat seru-seruan sambil silaturahmi aja lho, bukber juga ada banyak manfaat psikologisnya. Apa aja ya manfaatnya?

 

Menurunkan Resiko Depresi

 

Reuni sambil bukber sama teman-teman terdekat ternyata bisa mengurangi stres dan menurunkan resiko depresi lho. Ketika bukber, otomatis terjadi komunikasi antara kamu dan teman-temanmu, nah mengobrol sambil haha-hihi inilah yang bermanfaat buat meningkatkan mood.

 

Meningkatkan Empati

 

Bukber juga baik buat menjaga kualitas hubungan kamu dengan orang-orang terdekatmu, atau bahkan dengan teman yang udah lama nggak saling berkabar. Lewat obrolan ringan sama mereka pas lagi bukber, ini bisa melatih kamu untuk membangun simpati dan empati.

 

Mengurangi Resiko Alzheimer

 

Sebuah riset menunjukkan, katanya reuni dan makan bersama dapat membantu mengurangi resiko penyakit Alzheimer lho. Tau nggak alzheimer itu apa? Itulo.. penyakit yang tanda-tanya adalah penurunan kemampuan untuk mengingat atau membuat keputusan.

 

Menurunkan Kecemasan

 

Reuni sambil bukber nggak terlepas dengan yang namanya nostalgia. Ketika ngobrol sama temen lama, pasti bawaannya ngomongin soal momen-momen di masa lalu yang udah dilalui sama-sama. Nah, bernostalgia ini ada banyak banget manfaat positifnya lho. Sebuah riset menunjukkan kalau nostalgia dapat membantu mengatasi rasa kesepian, kehilangan, bahkan mengurangi kecemasan. Nggak hanya itu, ngobrol soal masa lalu juga membantu membuat seseorang lebih optimis terhadap masa depannya.

 

Tapi, gimana kalau masa lalu yang menyakitkan ikut keinget juga? Ya.. setiap orang pasti punya dong masa lalu yang nggak mau diinget-inget. Tapi sebuah artikel dari NYTimes menunjukkan, akan lebih banyak emosi positif yang timbul ketika bernostalgia. Nostalgia bisa membuat kita merasa lebih baik tentang diri kita sendiri.  


Nah, itulah beberapa manfaat positif reuni sambil bukber. Sekarang, yuk segera realisasikan wacana bukber kamu, nanti keburu lebaran, kan bukan bukber lagi namanya. Kalau kamu merasa punya masalah dengan teman-teman kamu, atau kamu butuh teman curhat online yang bisa nemenin kamu di mana aja kapan aja, kamu bisa lho curhat sama Bunda di www.ibunda.id atau LINE @Ibunda. Gratis! Yuk #BeraniBercerita.


Tanggapan mereka