Masalah Diri

Kenali 5 Ciri Introvert Hangover

Oleh Inviani Sekoati

Sebagai manusia, berinteraksi dengan manusia lain adalah hal yang nggak bisa dihindari. Namun ternyata nggak semua manusia lihai dalam melakukannya, misalnya tipe introvert. Seorang introvert memang nggak terbiasa dan nggak siap untuk berada di tengah orang banyak. Apalagi harus terjebak dalam pesta 2 jam hingga tenggelam dalam obrolan panjang dengan orang yang nggak begitu dikenal. Setelahnya, energi pasti terkuras habis dan badan menjadi lemas. Kondisi lelah tersebut ternyata ada istilahnya loh, namanya Introvert hangover

 

Arti kata hangover itu sendiri adalah gejala nggak nyaman yang timbul akibat terlalu banyak minum alkohol. Lalu apa itu Introvert hangover? Apa berarti orang introvert yang hobinya minum-minuman keras? Eits.. kelilru. Meskipun definisinya hampir sama, hanya saja Introvert hangover adalah gejala nggak nyaman yang disebabkan bukan karena minuman alkohol, tetapi karena terlalu banyak berinteraksi.

 

Kamu merasa pernah mengalami hal serupa? Merangkum dari Introvert Dear, kali ini ibunda akan menyebutkan beberapa ciri Introvert hangover yang bisa kamu kenali.

 

Selalu Ingin Lari dari Keramaian

 

Ciri introvert hangover yang pertama adalah ketika sudah merasa sangat lelah dengan banyak interaksi sosial yang dilakukan hari ini, menonton film sendiri di dalam kamar dan mematikan handphone pasti menjadi hal ternyaman yang paling ingin dilakukan. Nggak ada sama sekali keinginan untuk melakukan lagi basa-basi dengan orang lain.

 

Sulit Berpikir Jernih

 

Kelelahan juga berdampak pada otak. Hal ini dapat dirasakan dengan sulitnya mengingat hal-hal yang seharusnya mudah diingat, sehingga otak serasa bekerja dengan sangat lambat. Kesulitan dalam berpikir jernih tersebut juga berdampak pada kemampuan membuat keputusan, bahkan untuk urusan sederhana, sesederhana menentukan ingin minum air putih atau teh manis hari ini. 

 

Merasa Nggak Enak Badan

 

Pusing, sakit kepala, sakit perut, mual atau pegal-pegal selalu menjadi keluhan orang-orang yang mabuk atau hangover. Begitupun dengan Introvert hangover yang kerap kali mengalami hal yang serupa pada fisik mereka karena merasa sangat kelelahan dengan interaksi sosial.

 

Baca Juga: Fobia Sosial dan Cara Mengatasinya

 

Susah Fokus

 

Ciri introvert hangover selanjutnya adalah ketika nggak mampu menyimak dengan baik apa yang orang lain katakan dan apa yang sedang terjadi di sekitar. Pikiran akan lebih sering melayang, tenggelam dalam lamunan dan imajinasi di luar nalar, misalnya berpikir tentang keberadaan alien dan hal aneh lainnya.

 

Mudah Cemas 

 

Introvert hangover bisa semakin meningkatkan kecemasan sosial bagi para introvert. Mereka akan mudah merasa panik, gugup dan khawatir akan melakukan sesuatu yang salah atau akan dinilai jelek oleh orang lain. Maka itu, berpikir negatif, pesimis, sinis serta mudah tersinggung bisa sering kali dirasakan.

 

Mengalami Introvert hangover itu hal yang normal kok bagi seorang introvert, dan obat paling ampuh untuk mengatasinya adalah Me Time di tempat nyaman yang bisa menghadirkan tenang. Nggak apa-apa sejenak menghindar dari keramaian, jika memang itu yang benar-benar kamu butuhkan untuk membuat diri kamu menjadi lebih baik. 

 

Nah, itulah beberapa ciri introvert hangover yang bisa kamu kenali. Kira-kira kamu pernah gak mengalaminya? Kalau sekiranya kamu punya keluhan dan gejala-gejala nggak nyaman yang mengganggu, kamu boleh loh curhat sama Bunda. Kamu bisa curhat gratis secara online di LINE @ibunda atau kamu juga bisa coba layanan curhat berbayar Ibunda melalui telepon ataupun bertemu tatap muka dengan psikolog. Ibunda selalu siap kok mendengar keluh kesahmu di mana aja kapan aja. 


Tanggapan mereka