Masalah Diri

Kenali Tipe Kepribadian Dari Kopi Favoritmu

Oleh Arif Fajar Saputra

KOPI? Sekilas yang terlintas di benak Bunda ketika mendengar kata KOPI adalah secangkir minuman yang harus dinikmati minimal satu kali sehari. Kegunaannya sih sebagai asupan penambah energi setiap hari. Banyak orang yang beranggapan merasa ada yang kurang ketika enggak minum kopi sehari aja. Seperti yang pernah dikatakan Johann Sebastian Bach, “Without my morning Coffee, I’m just like a dried-up piece of roast goat”. Kamu setuju gak tuh?

Kali ini Bunda akan membahas minuman yang dapat memberi dorongan semangat sebelum melakukan aktivitas. Khususnya biar hari-hari pertama kamu beraktivitas setelah libur panjang ini jadi lebih POL!

Dalam buku karanganya seorang Psikolog bernama Brian Little yang berjudul The Science of Personality and the Art of Well-Being, dia bilang bahwa kandungan kafein dalam kopi yang kita konsumsi itu dapat memberikan pengaruh berbeda pada seseorang yang memiliki sifat introvert dan ekstrovert. Brian Little bilang “Setelah mengkonsumsi satu sampai dua cangkir kopi, seorang extrovert akan melakukan tugas-tugasnye lebih efisien. Berbeda halnya dengan pemilik sifat introvert, efek kafein justru tidak akan terlalu berpengaruh pada mereka”.

Little juga menjelaskan lebih lanjut bahwa pemilik sifat introvert dan ekstrovert memiliki tingkat neokorteks (kewaspadaan terhadap lingkungan) yang berbeda di otak. Sang Introvert akan menanggapi pekerjaan secara serius dan cenderung menjadikanya sebagai beban. Hal ini terjadi karena mereka memiliki tingkat respon yang jauh lebih tinggi dan berbanding terbalik dengan sang Ekstrovert yang lebih terbuka. Sehingga mereka akan menjalakan pekerjaanya dengan lebih santai. “Ada baiknya mereka tidak mengkonsumsi kafein sebelum melakukan hal penting seperti rapat besar ataupun presentasi, agar efek dari kafein tidak menjadikan tugas mereka sebagai beban. Mungkin ada baiknya meminum secangkir the non-kafein sebagai gantinya akan lebih baik,” sambung Little.

Nah, sekarang Bunda akan bantu kamu untuk bisa Cek Tipe Kepribadian Kamu berdasarkan kopi favorit pilihan kamu berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ramani Durvasula, seorang psikolog klinis yang melakukan studi terhadap 1.000 peminum kopi. Yuk, kita cek satu-satu!

Cappucino

Bagi kamu pecinta cappucino, kopi ini menurutnya bisa menjadi moodbooster sekaligus membantunya membentuk kreativitas baru. Kamu termasuk orang yang bisa bersosialisasi dan disukai orang lain, mungkin karena kamu termasuk orang yang punya segudang pemikiran kreatif. Meskipun mudah bergaul terkadang kamu enggak terlalu suka nih dengan orang yang memiliki selera candaan yang kasar. Hmm, wajar sih ya kalau bercandaannya kasar, siapa sih yang suka?

Double Espresso

Segelas double espresso, bisa menjadi “bensin” yang selalu membantunya untuk lebih fokus dan berenergi sepanjang hari. Bunda mau nanya nih, kamu pasti kurang percaya dengan hal-hal bersifat supernatural atau hal-hal yang enggak masuk akal? Bisa dibilang kamu ini juga tipe pekerja keras dan bisa menyelesaikan tugas atau pekerjaan kamu sesuai dengan harapanmu.  Oh iya, kamu juga paling enggak suka tuh yang namanya bertele-tele. Benar gak? Hayo ngaku!  

Espresso

Meminum segelas espresso pasti berpengaruh untuk para penikmatnya, bagi mereka segelas saja bisa menjadi penyemangat beraktivitas. Pecinta espresso bisa dibilang cocok untuk menjadi seorang pemimpin, ini dikarena dirinya memiliki jiwa kepemimpinan yang cukup kental, pekerja keras, pantang menyerah, punya tujuan dan bahkan jiwa pekerja kerasnya bisa menjadi inspirasi orang lain. Tapi pecinta espresso yang lebih suka to the point ini ternyata juga seseorang yang moody-an banget lho.

Frapucino

Sebagian besar para penyuka Frapucino konon katanya memiliki jiwa petualang. Selain itu, kamu yang ternyata enggak bisa lepas dari frapucino termasuk orang yang ceria dan spontan apa adanya. Barangkali sifat kamu yang itu tuh yang membuat kamu cenderung memiliki banyak teman dan kenalan. Pembawaan diri yang begitu berenergi membuat kamu memiliki energi positif, sehingga banyak orang yang merasa bersyukur dengan segala hal positif yang kamu tularkan. Wah, hebat ya kamu!  

Gula & Krim

Nah, kalau kamu menyukai minum kopi dengan gula dan krim, biasanya kamu tergolong individu yang sangat senang membuat orang lain bahagia. Kamu pun cukup terbuka akan diri kamu dan sangat suka memberi bantuan pada orang lain. Namun, sepertinya kamu terlalu banyak memikirkan orang sekitar, dan terkadang justru mengesampingkan diri sendiri. Ada baiknya lho untuk tetap memikirkan diri sendiri juga ya, biar semuanya tetap balance.

Black Coffee

Pecinta black coffee biasanya termasuk orang yang bersifat old school dan terlihat lebih sederhana. Kamu juga enggak terlalu suka tuh sama yang namanya perubahan dan termasuk orang yang cukup terus terang. Bisa dibilang tipe orang yang suka dengan kopi hitam ini bisa sewaktu-waktu menjadi orang yang sangat sesitif dan keras kepala. Mungkin karena dunia ini terus berubah tetapi kamu terus ingin semuanya sama terus sesuai aturan ya?

Iced Coffee

Untuk kamu yang menyukai kopi kamu dingin alias iced coffee, kamu termasuk individu yang tidak bisa diam lho ternyata. Kamu menyukai hal baru dan sangat mudah bersosialisi dengan lingkungan kamu. Kamu merupakan individu yang memiliki banyak ide dan imaginasi yang tinggi. Terkadang kamu bisa menjadi penyebab akan suatu inovasi baru, tetapi keingintahuan kamu yang tinggi membuat kamu juga berperilaku terlalu nekat atau gegabah tanpa pikir panjang terlebih dahulu.

Instan Coffee

Pecinta instan coffee bisa dibilang termasuk orang yang cukup santai. Namun, karena terlalu santai banget, kadang kamu ini jadi suka terlambat atau suka menunda segala sesuatu yang sedang kamu kerjakan. Kamu menerima hidup apa adanya dan tidak terlau memikirkan detail, tetapi ini membuat kamu terkadang sulit membuat jadwal aktivitas dan tanggung jawab kamu.

Latte Coffee

Bunda mau nanya nih, pecinta latte coffee emang sering galau ya? Mungkin ini disebabkan kamu tidak bisa tuh yang namanya memutuskan berbagai pilihan yang ada. Apalagi yang terkadang membuatnya dilema juga gara-gara dirinya sendiri yang suka plin-plan. Meskipun begitu, kamu bisa menjadi sumber kenyamanan lho buat orang sekitar. Ini dikarenakan kamu suka meluangkan waktu untuk siapapun yang sedang membutuhkan bantuan. Maka dari itu nih, kamu bisa menjadi penghibur untuk mereka yang lagi bersedih. Wah, ternyata pecinta latte coffee punya sisi positif buat orang lain ya.

Sekarang kamu sudah sedikit banyak tahu tentang 'rahasia' dibalik pilihan Kopi Favoritmu yang sering kamu sruput berdasarkan hasil penelitian tersebut yang bisa kamu percaya atau tidak.


Tanggapan mereka