Percintaan

Ketika Asmara Tak Seindah Drama Korea

Oleh Jemima Christiani Utami

“When how you love is shaped by Korean dramas, don’t expect a happy ending”

-Christina Wong-

 

Siapa yang gak suka nonton drakor atau drama Korea? Drama seri berisi cowok-cowok ganteng dengan kisah romance ini selalu berhasil membuat hati klepek-klepek, terutama bagi kaum hawa. Gak jarang ada yang sampai rela begadang cuma buat mantengin oppa-oppa Korea dan kisah romantisnya yang tampak mustahil beneran terjadi di dunia nyata. Sebuah situs drama Korea menyatakan bahwa dalam setiap bulan ada 2.4 juta pengguna baru yang menonton drama Korea. Bisa jadi, kamu satu di antaranya.

Terlalu sering menonton drama Korea, juga seringkali membuat penggemar drama Korea sampai menaruh semua ekspektasi kehidupannya seperti di drama Korea. Jadi ngarep punya pacar ganteng nan kaya raya seperti Gu Jun Pyo di Boys Before Flowers, bisa kembaran pake baju sama pacar, digendong pas kaki pegel jalan kaki, atau aksi-aksi super romantis lainnya yang sering nongol di drama-drama Korea. Tapi pernah gak sih kalau mungkin ekspektasi tentang pacar seperti di drama Korea itu malah menjatuhkan hubunganmu?

 

Baca Juga: Tips Mengurangi Kebiasaan Membandingkan Pacar

 

Seperti contohnya, ketika kamu sedang bertengkar dan kamu mengharapkan pacarmu yang membuat semua hal menjadi lebih baik dengan meminta maaf ataupun melakukan upaya-upaya yang romantis seperti di film Korea. Mungkin terkesan lebay, tapi apa yang kita tonton itu membentuk ekspektasi kita juga dalam kehidupan sehari-hari.

Yes, film Korea terkesan sangat romantis. Tapi jika hubungan kalian dibangun atas dasar ekspektasi di film Korea,  jangan berharap bahwa hubungan ini akan bertahan ataupun berakhir dengan bahagia. 

Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa audiens yang menonton dan terobsesi dengan drama Korea membangun sebuah ekspektasi, kepercayaan, dan gambaran mengenai sebuah hubungan, bahkan dalam pernikahan. Seorang yang spesial akan datang sebagai pangeran dan melakukan segala upaya untuk mendapatkanmu. Ia akan melakukan semua hal romantis demi menyenangkanmu. While in reality, it is not always like that. 

 

Baca Juga: Yuk Kenali 5 Macam Bahasa Cinta

 

Di dalam kehidupan nyata, hubungan percintaan seringkali tak seindah drama Korea. Hubungan akan dibangun dengan berbagai kepercayaan, berbagai masalah, dan mungkin akan menyebabkan pertengkaran. Dan itu wajar dan sangat normal. Atau malah, bisa jadi kehidupan asmara kamu jauh lebih menyenangkan dibandingkan kisah-kisah di drama Korea. Karena yang terpenting dalam sebuah hubungan, adalah memberikan ekspektasi sewajarnya, sesuai realita, dan bisa saling mencintai dengan caranya sendiri-sendiri.  


Reference: 

https://www.academia.edu/22441455/The_Effects_of_Korean_Wave_on_Young_Women_s_Perception_of_Romantic_Relationship

https://www.kpopstarz.com/articles/26525/20130502/danger-kdrama-romances.htm


Tanggapan mereka