Masalah Diri

Kiat buat kamu yang baru mulai kerja.

Oleh Ibunda Official

Buat kamu yang masih usia 20an, besar kemungkinan kamu baru mau cari kerja, atau baru dapat kerja. Dan kerja jauh berbeda dengan kuliah, senior kuliah paling jauh beda lima sampai enam tahun, kalau lebih ya mahasiswa abadi, sedangkan dunia kantor lebih dinamis. Ada yang seorang ibu, ada yang usia lanjut tapi single, ada yang bapak, bahkan bukan tidak mungkin ada seorang kakek. Nih kita punya tips agar first impression kamu bagus di kantor baru.

Fokus ke diri sendiri

Terdengar egois, tapi yang nantinya akan menjalani karir dan hidup kamu ya kamu sendiri. Pikirkan, kamu melamar kerjaan ini karena butuh uang, karena teman-teman sudah kerja dan kamu minder, apa karen memang kamu suka dengan bidangnya? Sebenarnya tidak ada yang salah dari ketiganya, toh kamu dibayar. Tapi ingat, memaksakan diri bekerja di bidang yang kamu tidak suka efeknya bisa parah, mulai dari hilang motivasi sampai depresi.

Semua tidak sempurna

Iya, bahkan bos kamu tidak sempurna. Atasan menuntut kamu bekerja menurut standard tertentu karena itu standard yang ditentukan perusahaan – harusnya ya – dan sebenarnya bos kamu juga tidak bisa disalahkan. Kecuali sudah mulai bawa perasaan, sedikit omelan tidak usah dibawa kehati, atau diingat saja kalau tiba-tiba yang suka ngomel bikin salah, kamu marahin balik deh.

Seimbangkan hidup pribadi dan kantor

Jangan overworked. Oke kamu rajin, tapi ingat untuk istirahat, sedikit menurunkan tempo tidak akan membuat kamu tiba-tiba jadi pecundang. Anggap saja begini, kamu sudah kerja 8 jam sehari, 5 hari seminggu. Tidak ada salahnya kamu habiskan weekend dengan bermalasan di rumah atau jalan dengan teman.

Hormati senior

Mungkin kamu lebih pintar dan lebih canggih dari senior kamu. Tapi bukan berarti kamu bisa seenaknya. Ingat, dia sudah lebih dulu di kantor, pastinya dia punya pengetahuan lain – terutama tentang situasi politik kantor – yang akan sangat berguna buat kamu.

Humble

Oke kamu sudah bekerja keras, oke kamu terpilih jadi rookie of the year, tapi ya itu, kamu rookie. Diatas langit masih ada langit, sehebat apapun kamu, ada anak kecil dari Jepang yang lebih hebat dari kamu. Rendah hati adalah situasi dimana kamu tahu betul posisi kamu, bahwa iya kamu sudah melangkah jauh, tapi masih ada yang lebih jauh dari kamu.


Tanggapan mereka