Kata Bunda

Lagu Nasional di Bioskop? Yay or Nay?

Oleh Salsabila Ainurrohman

30 Januari lalu, Kemenpora bikin surat himbauan buat semua bioskop tanah air supaya  menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum film dimulai, katanya biar meningkatkan rasa kebangsaan di tengah tahun politik yang memanas. Setelah kabar nyanyi lagu nasional di bioskop ini ramai dikomentarin netijen, eh surat himbauannya dicabut juga.

 

Tapi, apakah secara psikologis itu bisa bikin orang jadi nasionalis dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum nonton di bioskop? Hm..

 

Menurut psikolog Dessy Ilsanty, M.Psi, tindakan yang berulang atau repetitif itu memang bisa membuat seseorang jadi terbiasa dan lebih mudah mengingat sesuatu. Ibaratnya kaya mantra yang berulang-ulang diucapin ke diri sendiri gitu. Jadi, makin sering mengheningkan cipta sambil ndenger lagu Indonesia Raya, juga bisa bikin orang jadi nasionalis lho.

 

Taapi.. psikolog Dessy menambahkan kalau sebaiknya kita harus tau dulu konteksnya gimana. Nonton di bioskop itu kan identik dengan hiburan, kalau sebelum itu nyanyi lagu Indonesia Raya, kesakralan lagu nasional kita bisa aja ilang. Ya kalau nontonnya film-film sejarah Indonesia gitu sih oke. Kalo nontonnya suster keramas pake gayung? Kan ngga nyambung. Menunjukkan apresiasi buat negara dan para pahlawan, ngga harus lewat nyanyi lagu nasional di bioskop doang kok.

 

Lha wong biasanya kita nyanyi Indonesia Raya di tengah apel pagi, ini lagi koloran mau nonton film horror barat kok nyanyi lagu Indonesia dulu..

 

Mencintai tanah air itu memang penting banget. Apalagi di tengah ramainya perang politik jelang pemilihan yang sering memunculkan kubu-kubu politik kanan kiri. Dalam sebuah survey yang dilakukan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) tahun lalu, keributan politik dan mudahnya akses orang buat tau informasi politik lewat media malah semakin mudah menyebabkan stress dan kecemasan. Belum lagi ada hoax, ujaran kebencian, pokoknya segala macam riuh di media yang sebetulnya ngga bagus buat kesehatan mental. Jadi, tetap jaga kewarasan di tengah ujian politik ini ya guys.

 

Maksud Kemenpora itu baik kok sebetulnya. Liat aja sekarang, udah mulai banyak postingan-postingan berbau politik yang menyudutkan pihak satu dan lainnya yang bisa mengancam kesatuan bangsa. Tapi, menyatukan bangsa ini ngga mesti lewat nyanyi lagu nasional di bioskop juga, bosqu. Tayangin aja lagu Indonesia Raya di TV tiap pagi sama malem. Biar bangun tidur dan pas mau tidur, ingetnya langsung Indonesia. Kan mantap.

 

Udah, daripada kamu sepaneng sama perpolitikan di kehidupan ini, mending kamu curhat online sama Bunda. Bunda siap jadi teman curhat online kamu di mana aja kapan aja dan kamu juga bisa cerita tentang apa aja masalah yang kamu alami. Yuk cerita sama Ibunda di www.ibunda.id.

 


Tanggapan mereka