Kata Bunda

Makan Ini untuk Jaga Kesehatan Mental

Oleh Ifandi Khainur Rahim

Kamu tau gak sih kalo misalnya makanan yang kita makan sehari-hari itu ngaruh ke banyak hal? Ya, mungkin selama di sekolah kita sering banget diajari bahwa makanan yang kita makan itu akan ngaruh ke kesehatan fisik. Padahal ternyata makanan yang kita makan itu ngaruh juga loh ke kondisi kesehatan mental kita.

 

Nah, terus gimana dong buat menjaga kesehatan mental kita lewat makanan? Ternyata ada lho jenis-jenis makanan yang bisa berpengaruh dalam meningkatkan kondisi kesehatan mental kita. Apa aja sih jenis makanannya? Cek ulasan Ibunda di bawah ini!

 

1. Ikan

 

Ikan ternyata bisa ngebantu kita untuk mengurangi gejala-gejala banyak gangguan mental. Contoh gejala yang bisa kita kurangi dari makan ikan adalah gejala depresi, skizofrenia, dan ADHD. Nah, ini tuh karena ikan punya omega 3 yang berfungsi untuk memproduksi neurotransmitter, yaitu senyawa kimia di otak kita yang memiliki pengaruh besar terhadap mood kita sehari-hari. Dan bukan cuma itu, omega 3 juga bisa meningkatkan kemampuan memori dan juga kemampuan belajar kita.

 

2. Whole Grain

 

Karbohidrat merupakan sumber energi utama untuk otak, dan jenis karbohidrat kompleks (whole grain) dapat mengurangi mood yang negatif. Selain itu, jenis karbohidrat kompleks seperti ini juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Hal ini karena karbohidrat kompleks dilepaskan ke tubuh perlahan-lahan.

 

3. Tumbuhan hijau

 

Tumbuhan hijau seperti bayam atau brokoli memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Dan memakan makanan seperti ini akan menjaga kesehatan mental kita. Hal ini karena defisit nutrisi dapat membuat kita rentan mengalami gangguan mental seperti depresi, atau kelelahan dan insomnia.

 

4. Yogurt

 

Makanan yang difermentasi seperti yogurt ternyata mengandung probiotik atau bakteri baik. Menariknya, makanan yang mengandung probiotik ternyata terbukti dapat mengurangi kecemasan dan hormon stress.

 

5. Protein rendah lemak

 

Makanan yang kita makan sebenernya diproses menjadi zat yang diproses kembali menjadi neurotransmitter dan senyawa yang pada akhirnya mempengaruhi tubuh dan mood kita sehari-hari. Nah, selain karbohidrat, protein juga termasuk zat yang penting untuk diproses di dalam tubuh. Dan protein akan mempengaruhi hormon serotonin yang pada akhirnya mempengaruhi juga ke tingkat depresi yang kita punya.

 

Pola makan kita di zaman sekarang ini berbeda, terutama jika dibandingkan dengan zaman dahulu. Hal ini tentunya adalah pengaruh lifestyle kita yang berbeda di zaman sekarang yang cenderung membuat kita memiliki pola makan makanan instan. Ngga jarang pola makan ini pada akhirnya berdampak negatif. Akan tetapi, tentunya dengan sedikit usaha perubahan pola makan yang kita lakukan, kita bisa tetap hidup sehat dan menjaga kesehatan mental kita.

 

Sekian informasi dari Bunda. Buat kamu yang juga pengen cerita soal keresahan kamu tentang masalah mental, kamu bisa banget lho curhat sama Bunda di www.ibunda.id. Bunda siap jadi pendengar terbaik buat kamu, di mana aja kapan aja. Curhat online gratis? Ibunda.id jawabannya.


Tanggapan mereka