Pertemanan

Melihat Arti Pertemanan Dari Filosofi Kopi

Oleh Fx Dimas

Setiap hal yang kamu lihat, dengar dan bahkan dirasa pasti selalu memberikan pelajaran. Asalkan kamu bisa peka akan pelajaran apa sih yang bisa dipetik dari banyak hal yang ada di sekitar kamu. Begitu pula dengan sebuah film yang sering kita tonton, pasti ada pesan tersendiri yang ingin disampaikan ke penonton. Bicara soal film, kali ini film Filosofi Kopi 2: Ben & Jody ternyata bisa memberikan kamu pelajaran lho. Film ini tak hanya disunguhi soal kopi aja, melainkan sebuah persahabatan dari karakter bernama Ben dan Jody. Nah, kali ini Bunda akan bahas beberapa pelajaran yang bisa didapat dari pertemanan Ben dan Jody. Yuk, jadikan ini sebuah pelajaran pertemanan kamu!

Saling jujur

Dalam hal apapun, bersikap jujur itu diperlukan lho. Entah di dalam hubungan percintaan, keluarga atau bahkan pertemanan sekalipun. Terkadang sekalinya berbuat jujur, bisa menjadikan sebuah kebiasaan yang positif untuk diri kamu. Jujur juga menjadikan kamu lebih terbuka ketika ada permasalahan atau hal apapun yang bisa terjadi di pertemanan kalian. Ben dan Jody juga sering banget nih saling menunjukkan ketidaksukaan mereka terhadap suatu hal. Mereka bisa saling meluapkan apa yang ingin diungkapkan. Darisini kamu belajar untuk kembali jujur lho dalam pertemanan yang terjadi di lingkungan kamu. Jujur ketika ada sesuatu yang tidak disukai dari temanmu itu juga diperlukan. Jadi, enggak ada tuh yang perlu ditutup-tutupi ketika lagi ada masalah. Apalagi ngomongin dari belakang. Bener gak? Yuk, mulai sekarang coba untuk lebih terbuka dan saling jujur.  

Apa adanya

Ben dan Jody mengingatkan kamu untuk bisa saling mengenal karakter masing-masing, seperti yang mereka lakukan dalam pertemanan mereka. Bersikap apa adanya juga penting, namanya sama teman ngapain sih jaim. Keluarin aja sifat dan sikap kamu, tanpa perlu menjadi orang lain. Teman yang baik itu bisa menerima kamu apa adanya jika masih di dalam batas wajar.

Memaafkan

Setiap hubungan itu selalu ada aja masalahnya, begitu pula dengan hubungan pertemanan. Cek-cok bisa menjadi hal yang wajar di dalam setiap pertemanan. Pasti ada aja dong kejadian yang bikin pertemanan kamu hubungannya jadi renggang. Nah, dari film Filosofi Kopi 2, kamu juga bisa nih berkaca dan memaknai arti pertemanan melalui kisah Ben dan Jody. Hubungan mereka yang renggang karena sebuah masalah bisa berakhir dengan saling memaafkan. Yang perlu kamu ingat, permasalahan itu selalu ada jalan keluarnya. Ketika jalan keluar dan solusi sudah didapat, memaafkan satu sama lain bisa menjadi hal yang utama untuk dilakukan. Kamu bisa lho mencontoh hal ini, jangan sampai hubungan pertemanan kamu dan dia hancur hanya karena sebuah masalah. Memaafkan itu penting untuk membangun hubungan kembali membaik. 


Tanggapan mereka