Pertemanan

Memilih Lari Sebagai Olahraga Rutin

Oleh Ibunda Official

Olahraga luar ruang sedang banyak digemari, selain bersepeda bersama di Car Free Day, kegiatan lari juga sedang banyak dilakukan oleh masyarakat, apasih kelebihan lari dibanding kegiatan outdoor lainnya.

Murah.

Kamu tidak perlu punya banyak peralatan, untuk memulai kamu hanya butuh pakaian yang nyaman, dan sepatu olahraga. Memang sepatu olahraga agak mahal, kisaran 400rb sampai 1juta rupiah. Tapi ini ada investasi jangka panjang, daripada beli sepatu lari murah yang bikin kaki sakit dan taun depan harus beli lagi, mending beli yang agak mahal tapi tahan 3-4 tahun. Sepatu lari penulis sudah 5 tahun masih oke.

Lokasi.

Jujur saja, untuk main futsal atau bulu tangkis, kamu butuh lapangan. Dan tentu sewa lapangan tidak murah. Untuk sewa lapangan futsal kamu harus membayar 150-250rb rupiah, belum lagi ongkos ke tempat futsal seperti bayar bensin dan parkir. Ketika kamu lari kamu tinggal lari, kamu tidak harus bayar jalan, dan bayar parkir.

Bebas.

Bebas dalam artian, kamu tidak harus terikat dengan orang lain. Ketika kamu berolahraga yang butuh lebih dari satu orang, kamu harus menyesuaikan jadwal. Kalau main voli/futsal/basket kurang orang, bisa batal. Lari bareng teman memang seru, tapi kalau tiba-tiba batal kamu bisa tetap lari.

Waktu.

Booking lapangan harus cari waktu yang kosong, dan cari waktu yangorang lainbisa ikut. Kalau lari kamu bisa kapan saja, meskipun waktu yang ideal adalah pagi dan sore. Tapi tidak jarang toh orang lari malam hari atau kalau nekat siang hari.

Tidak butuh skill penting.

Kecuali kamu mau ikut marathon 10k di olimpiade, kamu tidak perlu belajar teknik untuk jadi yang terbaik. Tidak ada orang yang “nggak jago lari”, semua orang bisa lari. Tentu bisa lari 100meter dibawah 10 detik itu hebat – FYI, ini pencapaian besar, Cuma ada 1 orang kulit putih dan 1 orang Asia yang melewati batas 10 detik – tapi bukan berarti kamu tidak merasakan manfaat lari. Kalau kamu gajago basket, kamu jadi bulan-an dan kadang ga diajak main, kamu ga mungkin ga bisa lari.


Tanggapan mereka