Masalah Diri

Mengatasi Homesick dikala Tak Bisa Mudik

Oleh Desi Wulandari

We’re longing for something that in our minds is known, predictable, consistent, stable. – Joshua Klapow


Pindah ke rumah baru, dapat kerja di luar kota, atau merantau untuk melanjutkan pendidikan akan terasa menyenangkan awalnya. Rasa penasaran dengan lingkungan baru bikin kita lupa dengan rasa sedih karena meninggalkan keluarga. Eh, tapi kok lama-lama jadi kangen rumah juga. Kangen masakan Ibu, kangen candaan Ayah, kangen kucing. Duh, kalau begini, gimana ya caranya mengatasi homesick yang suka datang tiba-tiba?

Ternyata, homesick bukan cuma kangen sama rumah, keluarga, dan teman-teman, tapi juga rutinitas, kebiasaan, dan suasana yang familiar. Kita akan merasa gelisah, ngga nyaman, hilang nafsu makan, susah tidur, sampai mengalami gangguan kecemasan. Nah, supaya kamu ngga terus-terusan berada dalam kondisi ngga menentu seperti itu, Psikolog Ibunda Farida Eka Putri, M.Psi punya beberapa tips untuk mengatasi homesick yang kamu alami:

Baca Juga: Kerja dari Rumah Bikin Stress? Ini Sebabnya


Seeking Social Support 

Kamu bukan satu-satunya orang yang ngga bisa pulang ke kampung halaman saat ini. Kamu ngga sendiri di tanah rantau, ada teman lainnya yang bisa menemani. Oleh karena itu, ngga perlu berlama-lama bersedih. Mengatasi homesick bisa dengan cara menghubungi teman-teman seperjuangan kamu yang lain untuk saling memberi semangat dan tempat bercerita. 

Accepting Responsibility 

Menerima risiko homesick adalah bagian dalam proses dan terus berusaha menyelesaikan tanggung jawab (perkuliahan maupun pekerjaan) sebaik mungkin di perantauan dapat lebih melegakan hati dibandingkan dengan terus mengeluh pada keadaan. Tugas kuliah, skripsi, kerjaan dari kantor, dan tanggung jawab lainnya bisa sedikit membantu menyibukan pikiranmu dari perasaan kangen kampung halaman. 

Be Active 

Bersikap pro-aktif dalam mencari cara mengatasi homesick yang penuh rasa kangen, bosan, dan jenuh dengan melakukan kegiatan yang positif. Misalnya, membuat jadwal meeting online dengan anggota keluarga atau teman-teman lain yang ngga mudik. Selain itu kamu juga bisa melakukan hobi yang sedang ditekuni, melakukan aktivitas fisik, maupun menambah skill baru.

Be Religious 

Mendekatkan dan berserah diri kepada Tuhan dapat membuat pikiran dan emosi menjadi lebih tenang. Saat dalam keadaan diri yang lebih tenang, kita dapat memaknai setiap keadaan yang terjadi dengan lebih bijak. Begitu pula ketika sudah merasa homesick. Berdoa saja supaya kamu bisa segera mendapat kesempatan untuk mudik ke kampung halaman.

Baca Juga: Virus Corona Bikin Cemas, Lakukan Tips Ini!


Selain cara di atas, yang paling utama dalam mengatasi homesick adalah menerima perasaan tersebut. Percaya bahwa semua orang pasti pernah mengalami dan bisa melewatinya, termasuk kamu. Buatlah lingkungan barumu senyaman mungkin, misalnya mengubah kamar tidurmu sama seperti yang ada di rumah. Itu akan membantu dirimu mengurangi rasa kangen untuk sejenak.

Jika kesepian terus menghantui dirimu, selalu merasa asing dan terisolasi, takut sendirian dan tidak punya teman terus mengganggu selama mengalami homesick, kamu bisa lho berbicara dengan psikolog untuk membantumu merasa lebih baik. Mau coba sekarang? Bisa klik di sini untuk bercerita dan minta bantuan. Kamu akan ditangani oleh profesional dan pasti akan mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat. Semoga bisa membantu, ya!


Tanggapan mereka