Masalah Diri

Mengatasi Overthinking Sebelum Tidur

Oleh Yuan Stephanie

Pernah nggak, sih, ketika sudah waktunya tidur tapi malah kepikiran hal-hal yang lain? Entah itu kerjaan buat besok, deadline, mantan, atau bahkan memikirkan masa depan. Padahal, tidur merupakan puncak untuk menutup hari. Sayang jika harus melewatkan malam dengan tidur kurang berkualitas. 

Aktivitas tidur berkualitas juga didukung beberapa faktor, seperti durasi yang cukup, posisi yang nyaman, serta suasana tidur yang mendukung. Nah, kalau tidur tidak didukung tiga faktor tersebut, bisa jadi tidur kurang berkualitas karena masih adanya pikiran-pikiran yang mengarahkan pada overthinking sebelum tidur. 

BACA JUGA: 5 Hal Ini Bantu Kurangi Kecemasan

Overthinking sebelum tidur dapat mengarahkan seseorang ke pikiran negatif sehingga tidur menjadi tidak tenang dan menyebabkan kehilangan jam istirahat. Namun, overthinking sebelum tidur dapat diatasi dengan 4 tips sebagai berikut:

 

Latihan Relaksasi

Sebelum merebahkan badan ke kasur, coba atur posisi duduk yang nyaman dan tenang selama beberapa menit. Setelah itu, fokus pada pernapasan dan mulai remas jari kaki serta tangan selama beberapa detik. Rasakan setiap tegangan yang dihasilkan pada setiap bagian tubuhmu.

 

Olahraga

Selain bikin tubuh jadi bugar, olahraga yang rutin juga dapat menghalau overthinking sebelum tidur dan meningkatkan kualitas tidur. Olahraganya juga nggak perlu aktivitas berat, dengan rutin jogging saja juga cukup kok. 

 

Buat Tempatmu Senyaman Mungkin

Suasana yang nyaman adalah kunci! Putar musik yang menenangkan, mandi air hangat sebelum jam tidur, baca buku, atau aktivitas menenangkan lainnya yang kamu suka. Namun, perlu diingat ya, untuk menjauhkan gadget sebelum tidur karena dapat mengganggu fokusmu sebelum tidur.

 

Tuliskan Keresahanmu

Ambil secarik kertas dan pulpen, kemudian mulai luapkan keresahanmu melalui tulisan di atas kertas. Hal ini dapat berguna agar otak menjadi rileks dan melepaskan beban yang menumpuk dalam pikiranmu.

 

Memikirkan hal sebelum tidur memang biasa, namun jangan sampai pikiran tersebut menjadi overthinking yang justru mengganggu kualitas tidurmu. Temukan lebih banyak tips untuk menenangkan kecemasan di kelas online InsightMe “Belajar Lepas dari Rasa Cemas” bersama psikolog associate ibunda.id Nurhuzaifah Amini, M.Psi. Semoga membantu! 


Tanggapan mereka